get app
inews
Aa Read Next : Progres Positif Implementasi IKD di Nganjuk, Langkah Dukcapil Mendorong Adopsi Teknologi Digital

Digital Parenting, Tips Mendidik Anak di Era Digital, Selalu Dampingi dan Awasi

Sabtu, 11 Maret 2023 | 12:53 WIB
header img
Digital Parenting, cara cerdas dan inovatif dalam mendidik anak di era digital. Foto : iNewsNganjuk.id/ilustrasi

NGANJUK, iNewsNganjuk.id, - Kemajuan teknologi dan komunikasi yang begitu pesat  di era digital, memaksa para orang tua untuk merubah cara didik anak mereka. Jika tidak, kebebasan yang dihadirkan oleh kecanggihan teknologi digital akan berdampak buruk bagi perkembangan anak.

Para orang tua tidak boleh membiarkan anak berjuang sendiri mencari dunia digital. Karena banyak hal negatif yang berdampak pada anak, seperti pornografi, pencurian data pribadi, manipulasi. Oleh sebab itu para orang tua harus mencegah, membentengi anak, dan melindungi anak agar tidak terpengaruh hal-hal negatif teknologi.

Digital Parenting sendiri adalah cara cerdas dan inovatif mendidik anak di era digital dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, mulai dari mengontrol, mengawasi, membatasi dan mengajari. Namun untuk pola pengasuhan secara langsung bukan berarti dihilangkan melainkan harus tetap dilakukan secara bersamaan dengan pengasuhan digital.

Nah agar para bunda tidak salah mendidik anak di era digital. Berikut tips dan trik mendidik anak era digital.

1. Gunakan Browser yang ramah untuk anak

Pendampingan merupakan salah cara untuk  mendidik anak pada era digital. Carilah browser yang aman untuk anak.

Biasanya browser tersebut memerlukan verifikasi usia untuk konten-konten tertentu. Selain itu, para orang tua harus mengontrol data yang diakses anak melalui browser tersebut.

2. Kenalkan anak pada teknologi

Di era digitalisasi saat ini di dalam keluarga tidak bisa dihindari. Sebagai contoh nyata adalah Smartphone yang di pakai orang tua.

Tidak ada salahnya kita mengenalkan teknologi kepada anak dan itu bukan suatu hal yang buruk. Namun begitu orang tua harus memberikan batasan kepada anak. Orang tua bisa mengenalkan teknologi digital sesuai dengan kebutuhan anak.

Carilah situs informasi maupun permainan yang aman digunakan oleh anak. Para orang tua wajib mengenalkan teknologi digital dengan baik dan benar. Lamanya waktu penggunaan digital juga tidak baik untuk perkembangan anak.

3. Sesekali periksa laman browser anak

Cara mendidik anak di era digital ini para orang tua harus memberi tahu anak akan memeriksa konten-konten yang diliatnya di di media sosial.

Hal ini bertujuan agar anak terhindar dari hal-hal negatif dan yang membahayakan keselamatan pada anak.

Pastikan anak merasa nyaman dan bunda ada dipihak anak, jangan menghakimi mereka saat melihat riwayat browser pada handphone maupun laptop anak.

4. Melakukan pengawasan pada anak

Para orang tua harus selalu melakukan pengawasan terhadap anak saat menggunakan teknologi digital. Dengan adanya internet anak dengan mudah mengakses informasi.

Melakukan pengawasan bukan berarti kita mengekang anak untuk mencari informasi dari internet. Biarkan saja dulu anak mencari beberapa informasi di internet. Namun apabila sudah tidak pada jalur nya kita wajib menegurnya dan memberikan arahan.

Melalui penggunaan digital anak dengan mudah memperoleh informasi, dan bisa belajar banyak pengetahuan dengan mudah.

5. Batasi waktu anak di depan laptop maupun handphone

Pada dasarnya durasi waktu yang baik pada anak di depan laptop maupun hp adalah kurang lebih satu jam.

Apabila hal tersebut diabaikan akan berdampak buruk pada perkembangan anak.

Selain itu membatasi waktu pada anak juga bisa menjadi cara mendidik anak di era digital agar anak tidak terjerumus oleh hal- hal yang bersifat negatif.

6. Memberitahu hal yang menarik tanpa gadget

Untuk saat ini teknologi memang sulit dipisahkan dari anak. Namun, kita sebagai orang tua harus mengenalkan kegiatan menarik selain selain bermain dengan teknologi tersebut.

Cara memberitahunya yakni dengan permainan tradisional , bermain dengan teman sebayanya, melakukan perkemahan, mengunjungi museum atau melakukan piknik bersama anak.

7. Jalin komunikasi dengan anak

Menjalin komunikasi antar orang tua dan akan merupakan cara yang baik dalam mendidik anak di era digital dan tidak boleh dilewatkan oleh para orang tua.

Hal ini sangat baik dan penting, karena komunikasi yang baik dapat membuat anak terhindar dari praktek bullying di dunia maya. Komunikasi dapat membangun bonding  dengan anak baik di dunia nyata maupun dunia digital.

Nah itulah bunda tips dan trik mendidik anak di era teknologi yang semakin canggih ini.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut