get app
inews
Aa Read Next : Elpiji 3 Kilogram di Nganjuk Langka, Polisi Sidak Agen dan Pangkalan

6 Bunga Langka yang Dilindungi, Nomor 2 Tampilan Cantik tapi Baunya Menyengat

Jum'at, 17 Maret 2023 | 15:00 WIB
header img
Bunga bangkai dengan tampilan unik dengan bau yang menyengat . Foto: iNewsNganjuk.id/ ilustrasi

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Bunga merupakan tumbahan yang paling indah dan cantik. Bunga sendiri memiliki bentuk bermacam-macam dengan warna yang indah. Bunga juga berguna mengundang lebah maupun kupu-kupu untuk proses penyerbukan. Tidak heran keindahan bunga ini membuat manusia menjadikannya hiasan.

Disamping memiliki keindahan warna, bau yang wangi dan bentuk yang cantik. Namun, juga ada beberapa bunga yang langka dan dilindungi.

Nah berikut ini beberapa bunga langka dan dilindungi dengan bentuk yang unik:

1. Raflesia Arnoldi

Bunga langka di Indonesia yang satu ini dapat dikatakan bunga langka yang ikonik dan terpopuler. Raflesia Arnoldi adalah bunga langka yang memiliki ukuran besar serta menempati urutan pertama di Dunia dalam hal diameter. Ukuran terbesar Bunga ini yang pernah tercatat yakni sekitar 105 cm dengan berat mencapai 11 kg.

Bunga ini memiliki warna orange dengan motif bintik-bintik, bunga yang satu ini juga terkenal karena baunya yang sangat busuk dan menyengat. Bau busuk yang dihadirkan oleh bunga bukan tanpa sebab. Sebab bunga langka ini penyerbukannya dibantu dengan lalat yang terpikat oleh aroma busuk bunga tersebut.

Tanaman langka ini merupakan tumbuhan parasit yang hidupnya tergantung dengan tumbuhan lain sebagai inangnya. Reflesia Arnoldi merupakan tumbuhan endemik pulau Sumatra. Taman Nasional kerinci seblat menjadi daerah konservasi utama dari salah satu spesies bunga langka di Indonesia yang satu ini.

2. Bunga Bangkai Raksasa

Bunga bangkai satu ini memiliki nama ilmiah Amorphophallus titanum.

Bunga langka tersebut memiliki mahkota dengan pigmen antosianin yang menjadikan warna merah jambu hingga ungu saat bunganya mekar. Dibalik tampilannya yang cantik, bunga ini justru mengeluarkan bau busuk yang menyengat.

Sehingga tak heran bunga langka ini dijuluki bunga bangkai, karena mengeluarkan bau tak sedap yang mengundang lalat, serangga, untuk membantu proses penyerbukan.

Bunga bangkai raksasa ini bisa tumbuh hingga setinggi 5 meter. Menjadikan tumbuhan yang majemuk terbesar di Dunia. Bunga yang satu ini merupakan spesies talas-talasan serta tumbuhan endemik pulau Sumatera. Jika Kalian ingin melihat bunga ini berkunjung lah ke kebun raya Cibodas.

3. Anggrek Larat

Tanaman dengan nama ilmiah Dendrobium bigibbum in sering di temukan di pulau Ralat, Malaku. Oleh sebab itu bunga ini disebut dengan Anggrek Larat.

Di Pulau tersebut bunga ini tumbuh di pohon-pohon besar hutan belantara maupun celah tebing kapur. Ciri khas dari tumbuhan ini terletak di bunganya.

Bunga dari Anggrek Larat ini berwarna ungu pucat terkadang juga ada yang berwarna ungu tua. Batangnya sendiri memiliki diameter yang jika semakin keatas akan semakin mengecil.

4. Edelweis Jawa atau Bunga Abadi

Edelweiss Jawa merupakan bunga langka yang dilindungi. Bunga Edelweis disebut juga dengan bunga abadi karena mampu bertahan hidup dalam jangka panjang dan tidak mudah rusak. Kelangkaan bunga ini karena diduga sering dipetik oleh para pendaki.

Dulunya tumbuhan ini banyak hidup di gunung -gunung Pulau Jawa dengan ketinggian berkisah 800 hingga 3.400 mdpl. Seperti di gunung Rinjani, gunung Gede, gunung Papandayan.

5. Anggrek Hitam

Bunga dengan nama latin Coelogyne pandurata merupakan bunga Yanga berasal dari Papua Kalimantan. Masing-masing Anggrek tersebut memiliki perbedaan. Anggrek hitam Kalimantan memiliki kelopak berwarna hijau serta putiknya berwarna hitam. Sedangkan Anggrek hitam Papua pada bagian putihnya berwarna cerah.

Bunga ini biasanya tumbuh di pepohonan dan bebatuan, namun saat ini keberadaan sangat sulit ditemukan, oleh sebab itu bunga ini menjadi salah satu bunga langka di Indonesia.

6. Anggrek Bulan

Bunga yang satu ini telah ditetapkan oleh Pemerintah sebagai salah satu puspa pesona Indonesia. Di beberapa tempat di Indonesia, anggrek ini juga dijuluki Anggrek Wulan, Anggrek Terbang, dan Anggrek Menur.

Bunga ini pertama kali pertama kali ditemukan di Malaku. Anggrek bulan memiliki ciri kelopak bunga yang lebar dan berwarna putih, berdaun hija panjang, akar berdaging, serta aromanya wangi saat bunganya mekar.

Saat ini bunga Anggrek bulan termasuk bunga langka di Indonesia. Saat ini upaya yang dilakukan oleh pemerintah yakni dengan pemberdayaan agar populasinya tetap lestari.

Itulah beberapa bunga yang populasinya mulai langka dan terancam punah di Indonesia. Berbagai usaha dapat kita lakukan untuk melestarikan bunga tersebut, salah satunya dengan tidak merusak habitat asli bunga tersebut.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut