get app
inews
Aa Read Next : Penangkapan Kurir Narkoba di Nganjuk: Ribuan Pil Koplo dan Sabu Disita Polisi

Jelang Ramadhan, Warga Ramai Laksanakan Tradisi Ziarah Kubur

Rabu, 22 Maret 2023 | 15:03 WIB
header img
Warga sedang melakukan doa bersama di area pemakaman dusun Ngelan, Foto: iNewsNganjuk.i/Meita

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Menjelang bulan Suci Ramadhan, Tradisi ziarah kubur atau nyekar, merupakan salah satu aktivitas yang selalu dilakukan umat islam sebelum menyambut bulan Ramadhan.

Tradisi tersebut dilakukan beberapa hari sebelum bulan Ramadhan tiba (akhir Sya'ban) dengan tujuan untuk mengunjungi, mendo'akan dan mengenang kerabat yang telah meninggal dunia. 

Seperti yang dilakukan warga Desa Ngelan, Kecamatan Loceret ini, warga ramai - ramai melaksanakan Ziarah Kubur Massal di Pemakaman desa setempat untuk mendoakan leluhur dan keluarga mereka yang telah meninggal dunia.

Salah satu warga Sunarjo mengatakan, setiap menjelang bulan puasa dirinya beserta keluarga selalu melaksanakan ziarah kubur, selain itu biasanya sambil membersihkan makam dan menaburi bunga.

"Ziarah kubur dan membersihkan makam, biasanya tradisi warga sini begitu setiap tahunnya,"kata Sunarjo.

Tradisi ini telah menjadi bagian penting dari budaya Muslim Indonesia dan dianggap sebagai cara untuk menghormati dan mengenang orang-orang terkasih yang telah meninggal sebelum bulan suci Ramadhan dimulai.

Tradisi ini juga diadopsi dari keyakinan memberikan penghormatan terhadap leluhur atau nenek moyang.Dalam ajaran agama Islam, ziarah kubur sebelum puasa Ramadan disunnahkan atau dianjurkan.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut