get app
inews
Aa Read Next : Polres Nganjuk Menggelar Program Inovatif Jaya Stamba Selama Operasi Ketupat Semeru 2024

Simak dan Ketahui Kapan Puasa Ramadhan 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 | 10:43 WIB
header img
Ketahui kapan puasa ramadhan 2024. Foto: iNewsNganjuk.id/ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Sebentar lagi umat Islam akan menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan serta perayaan Hari Raya Idul Fitri. Namun, pertanyaan mengenai tanggal puasa Ramadhan dan Idul Fitri 2024 mungkin mengusik sebagian masyarakat.

Secara umum, penetapan tanggal puasa Ramadhan dan Idul Fitri menggunakan metode khusus, seperti sidang isbat yang dihadiri oleh para ulama dan pakar. Meskipun sidang isbat untuk tahun 2024 belum diumumkan, masyarakat dapat mengacu pada kalender Hijriah untuk perkiraan waktu.

Berbeda dengan Muhammadiyah yang telah mengumumkan tanggal 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada 11 Maret 2024, yang berarti puasa Ramadhan versi Muhammadiyah dimulai pada Senin, 11 Maret 2024. Sementara itu, NU dan pemerintah biasanya menentukan awal puasa melalui sidang isbat.

Meskipun belum ada pengumuman resmi dari NU dan pemerintah, masyarakat dapat mengacu pada Kalender Hijriah Indonesia 2024 untuk memperkirakan bahwa puasa Ramadhan versi NU dan pemerintah kemungkinan akan dimulai pada Selasa, 12 Maret 2024, berdasarkan tanggal 1 Ramadhan 1445 H.

Editor : Agus suprianto

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut