get app
inews
Aa Read Next : Kontroversi Tanah, Eksekusi Pengadilan Nganjuk terhadap Azizah Mamik Pramono

Arti Kata Mokel Bahasa Gaul Jawa Timur, Viral saat Ramadhan

Sabtu, 01 April 2023 | 12:05 WIB
header img
Seseorang sedang Mokel dalam bahasa gaul yang berarti berbuka puasa sebelum waktunya. Foto: iNewsNganjuk.id/ilustrasi

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Ramadhan bukan hanya banyak tradisi unik dari berbagai daerah. Namun banyak juga istilah gaul saat puasa Ramadhan. Salah satu bahasa gaul yang populer saat ini yakni Mokel.

Mokel merupakan bahasa gaul yang sering diucapkan oleh anak muda di daerah Jawa Timur, dengan dialek khasnya yang biasa digunakan untuk bahan bercandaan saat bulan Ramadhan.

Istilah kata Mokel sudah tidak asing lagi  ditelinga para masyarakat khususnya anak muda di Jawa Timur.

Kata mokel merupakan bahasa gaul lokal dari Jawa Timur. Namun dengan berkembangnya teknologi saat ini, maka bahasa gaul ini sudah dikenal oleh semua masyarakat umum khususnya anak muda.

Sadar atau tidak kata Mokel ini tidak terdapat dalam kamus besar bahasa Indonesia. Tentunya arti kata Mokel sendiri merupakan bahasa lokal dari masyarakat Jawa Timur.

Lalu apakah arti bahasa gaul Mokel itu?


Mokel memiliki arti berbuka puasa sebelum waktunya berbuka karena disengaja dan dilakukan secara diam-diam agar tidak diketahui oleh lain.

Biasanya mokel dilakukan pada siang hari saat kita sudah tidak mampu menahan rasa lapar dan haus ditengah padatnya aktivitas.

Tak jarang seseorang yang mokel akan makan dan minum secara diam-diam. Dan setelah selesai makan dan minum akan meneruskan puasanya didepan orang lain.

Untuk sekarang bahasa gaul ini tidak hanya diucapkan oleh anak muda di Jawa Timur, namun bahasa gaul ini sudah banyak dipakai dan diucapkan oleh banyak orang.

Demikian ulasan dari arti kata mokel dari bahasa gaul yang viral saat bulan Ramadhan.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut