get app
inews
Aa Read Next : Ragam Camilan Sehat untuk Dicoba saat Diet Clean Eating

Obati Demam Berdarah hingga Kanker, Ini 8 Manfaat Daun Pepaya yang Rasanya Pahit

Jum'at, 14 April 2023 | 11:06 WIB
header img
Daun pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Foto: iNewsNganjuk.id/ Meita

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Pepaya selain buahnya yang enak dan manis, daunnya juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Meskipun mempunyai rasa pahit daun pepaya sering digunakan dalam berbagai masakan dan pengobatan tradisional.

Daun pepaya ini mengandung banyak nutrisi. Seperti, vitamin (A, B1, C, dan E), protein, kalori, karbohidrat, kalsium, zat besi. Papain, alkaloid dan senyawa fenolik adalah beberapa zat yang berperan sebagai efek biologis positif dari daun pepaya.

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan sudah dibuktikan dari beragam penelitian. Mulai dari membersihkan darah, meningkatkan sirkulasi, mengobati gangguan pencernaan.

Nah berikut beberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan

1. Membantu mengobati diabetes

Manfaat daun pepaya untuk mengatasi diabetes. Caranya dengan mengurangi keinginan memakan makanan manis untuk penderitanya.

Menurut dari beberapa penelitian konsumsi daun pepaya mampu menjaga kadar gula darah dan menurunkan kadar kolesterol, karena terdapat serat makanan didalamnya.

2. Mengobati gejala demam berdarah

Manfaat daun pepaya yakni dapat mengobati demam berdarah. Demam berdarah menurunkan jumlah trombosit darah. Ekstrak daun pepaya dapat meningkatkan jumlah trombosit.

Selain itu manfaat daun pepaya dapat mencegah komplikasi demam berdarah, seperti ruam pada tubuh, pendarahan dan lainnya.

Selama menderita demam berdarah minumlah segelas jus pepaya 2 kali sehari secara dapat meningkatkan trombosit dan menurunkan demam.

3. Meringankan gejala pencernaan

Teh dan ektra daun pepaya sering digunakan sebagai terapi alternatif pencernaan yang tidak nyaman. Seperti kembung dan mulas. Nutrisi dan senyawa pada daun pepaya dapat meringankan gejala gangguan pencernaan.

4. Mencegah infeksi malaria

Selain dapat membantu meringankan gejala demam berdarah, daun pepaya juga dapat membantu mencegah infeksi malaria.

Daun pepaya mengandung senyawa bernama acetogenin. Senyawa inilah yang membantu mencegah penyakit demam berdarah dan malaria.

5. Mencegah kanker

Manfaat daun pepaya untuk mencegah kanker, terutama kanker usus dan prostat. Manfaat tersebut dimiliki daun pepaya karena mengandung likopen membawa sifat  antikanker.

Senyawa tersebut dapat mencegah perkembangan sel kanker dan komplikasi lebih lanjut. Ekstrak daun pepaya juga kaya dengan antioksidan yang menetralkan aktivitas sel kanker.

6. Membantu menurunkan berat badan

Daun pepaya yang rendah kalori dan mengandung banyak serat dapat membuat perut kenyang dalam waktu yang lama.

Serat yang terkandung dalam daun pepaya mendetoksifikasi tubuh dan meningkatkan metabolisme yang mengarah pada penurunan badan.

7. Menjaga kesehatan jantung

Berbagai antioksidan dan vitamin yang ada dalam daun pepaya memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Vitamin c dan kalium yang ada dalam daun pepaya bermanfaat untuk kesehatan jantung bisa didapat dengan cara meningkatkannya sirkulasi darah yang sehat dan arteri tetap bersih.

Walaupun mempunyai rasa yang pahit itulah beberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh anda.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut