get app
inews
Aa Read Next : Keutamaan Puasa Syawal, Pahala Besar dan Penebus Dosa

Hilang Semangat Usai Libur Panjang Lebaran? Yuk Lakukan 5 Hal Ini

Rabu, 26 April 2023 | 14:02 WIB
header img
Dua orang sedang memulai kembali rutinitas bekerja setelah libur panjang lebaran. Foto: iNewsNganjuk.id/ Ilustrasi

NGANJUK, iNewsNganjuk.id- Libur panjang lebaran yang telah usai membuat kita harus kembali ke rutinitas semula. Yang bekerja di kota dan pada saat lebaran balik ke kampung halaman kini setelah libur telah usai kembali lagi ke kota untuk bekerja.

Dengan perasaan berat mereka harus kembali kepada rutinitas semula. Perasaan berat untuk kembali ke rutinitas setelah libur panjang merupakan hal yang wajar.

Secara psikologis dinamakan proses transisi dari liburan ke kampung halaman kemudian tiba-tiba kembali ke kota untuk rutinitas kembali bekerja.

Untuk mempermudah transaksi tersebut yuk simak beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar semangat lagi dalam bekerja.

1. Susun rencana baru

Setelah kita berlibur dan bersenang-senang pikiran kita menjadi fresh. Oleh sebab itu perlu di susun rencana kerja yang baru agar kita memiliki gambaran apa yang akan kita lakukan nanti.

Dengan kita menyusun rencana kita dapat mengurangi ketidakpastian yang dapat menunda-nunda pekerjaan.

Tujuan dari menyusun rencana baru ini untuk mendapatkan motivasi yang baru dalam memulai rutinitas kembali.

2. Ubah Mindset

Mindset merupakan hal penting yang harus dibenahi setelah libur lebaran. Pada dasarnya lebaran merupakan momen untuk saling memaafkan dan menjalin silaturahmi untuk mempererat persaudaraan.

Libur lebaran juga dapat dimaknai sebagai waktu jeda, waktu dimana untuk mencari inspirasi dan motivasi baru agar dapat kembali semangat saat mulai berkerja.

Agar kita tidak malas harus sadar bahwa kita adalah kebanggaan orang tua dan keluarga. Kesuksesan kita merupakan kesuksesan mereka juga. Kita harus sadar dan menjadikan motivasi dan semangat kita dalam kembali bekerja.

3. Ingat tujuan

Tujuan atau target yang telah kita rencanakan sebelumnya akan menjadi motivasi baru. Namun demikian kita harus meneguhkan kembali tujuan hidup yang telah kita cita- citakan dan rencanakan.

Secara tidak langsung ini dapat menjadikan semangat baru untuk memulai rutinitas kembali.

4. Membuat agenda yang menyenangkan

Kembali ke rutinitas berarti akan bertemu dengan rekan kerja kantor lainnya bahkan teman terdekat kita. Selama masih di momen bulan Syawal gunakanlah untuk acara halal bihalal untuk semakin mempererat hubungan.

Dalam hal ini gunakan untuk merencakan agenda yang menyenangkan dalam hal pekerjaan. Agar kembali bersemangat untuk  memulai rutinitas dalam bekerja.

5. Ingat akan tanggung jawab dan tugas

Perlu ingat dengan tanggung jawab dan tugas yang harus kita jalani setiap harinya.

Dengan mengingat tugas dan tanggung jawab kita akan mendapatkan energi untuk bekerja dan memulai pekerjaan. Kita harus tetap semangat dalam memulai pekerjaan. Karena dengan itu semua cita-cita yang kita impikan akan terwujud.

Yuk semangat untuk memulai rutinitas kembali setelah menjalani libur lebaran.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut