get app
inews
Aa Read Next : Inovasi Terbaru: Kripik Bonggol Pisang dari Limbah Pisang

Makam Gus Dur di Tebuireng Ramai Pengunjung, Antusiasme Peziarah Luar Biasa saat Libur Panjang

Rabu, 27 Desember 2023 | 10:37 WIB
header img
Keramaian pengunjung yang datang ke makam Gus dur. Foto: iNewsNganjuk.id/Sherly.

JOMBANG, iNewsNganjuk.id,- Sejumlah ribuan peziarah dari berbagai daerah, termasuk Surabaya, membanjiri makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di kompleks Ponpes Tebuireng, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, pada libur panjang akhir tahun 2023. 

Pantauan di lokasi menunjukkan area makam Gus Dur dipadati oleh ribuan pengunjung yang sengaja datang untuk berziarah dan berdoa. Nur Hadi, salah seorang peziarah dari Surabaya, menyatakan bahwa ia memilih libur panjang ini untuk mengajak keluarganya berziarah ke makam Gus Dur, karena sebelumnya belum pernah mengunjunginya.

"Mumpung libur panjang, saya ajak keluarga ke sini untuk berziarah dan berdoa di makam Gus Dur," ujar Nur Hadi. Namun, ia juga mengungkapkan kekagetannya atas lonjakan pengunjung yang signifikan, bahkan hingga mengalami kesulitan mencari tempat parkir.

Teuku Azwani, pengurus Ponpes Tebuireng, membenarkan peningkatan jumlah peziarah selama libur panjang ini. "Luar biasa peningkatan peziarah, per hari bisa mencapai 11 ribu peziarah kali ini ini. Jika dibandingkan dengan hari biasa, kenaikannya mencapai sekitar 50 persen," ungkapnya.

Meskipun jumlah peziarah membeludak, Azwani menekankan bahwa tidak ada batasan bagi pengunjung yang ingin berziarah ke makam Gus Dur. "Kami tidak membatasi para pengunjung, hanya saja peziarah harus bisa memperhatikan waktu jam buka dan tutup makam," tambahnya.

Menurut Azwani, jam kunjungan tetap dibatasi sesuai kesepakatan pengurus Ponpes Tebuireng. Makam dibuka mulai pukul 02.00 WIB hingga sebelum pukul 15.00, kemudian ditutup, dan dibuka kembali pada pukul 20.00 hingga pukul 02.00 WIB.

Editor : Agus suprianto

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut