get app
inews
Aa Read Next : Hindari Kombinasi Makanan dan Minuman dengan Buah Jeruk untuk Kesehatan yang Lebih Baik

Suasana Hati Buruk? Ini 6 Makanan Naikkan Mood dengan Cepat

Selasa, 02 Mei 2023 | 10:05 WIB
header img
Es krim salah satu makanan yang dapat naik mood saat suassna hati buruk. Foto : iNewsNganjuk.id/ ilustrasi

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Suasana hati yang sering berubah dan sedang buruk. Saat kondisi seperti itu pasti setiap orang akan mencari makanan untuk menaikkan mood mereka.

Selain makan makanan yang dapat menaikan mood kita, kegiatan lain seperti nonton film, olahraga, belanja, jalan-jalan dan kegiatan yang anda sukai.

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi penting bagi tubuh dan kesehatan mental. Kekurangan gizi atau asupan nutrisi yang kurang akan menjadikan mood tidak baik.

Selain merupakan sumber energi beberapa makanan juga dapat meningkatkan mood booster kita. Karena jika perut kita kenyang akan bersemangat melakukan beberapa hal.

Asam lemak omega 3, probiotik, serat protein, dan vitamin B kompleks merupakan nutrisi yang dapat meningkatkan mood. Maka dari itu pilihlah makanan yang meninggal beberapa nutrisi tersebut.

Nah berikut jenis makanan yang dapat menaikan mood anda

1. Coklat

Semua orang pasti suka coklat yang memiliki rasa manis dan enak ini. Ternyata dengan memakan coklat dapat menaikan mood kita loh. Sepotong coklat setiap hari dapat membantu menurunkan kadar hormon kortisol dan hormon pemicu stres lainnya.

Coklat mengandung banyak gula yang merupakan sumber bahan bakar yang cepat otak. Selain itu coklat juga mengandung beberapa senyawa dan dengan rasanya yang lezat ini dapat meningkatkan mood.

Selain itu coklat memiliki tingkat hedonik yang tinggi. Yang artinya tekstur, rasa, dan bau coklat juga dapat meningkatkan suasana hati. Bahkan coklat dipercaya dapat meredakan PMS pada wanita.
 

2. Bayam

Selain buah-buahan dan sumber protein lainya. Ada juga sayuran yang dapat meningkatkan mood anda yaitu bayam. Sayuran berwarna hijau ini mengandung asam folat, vitamin A, vitamin B6 yang merupakan nutrisi penting buat otak.

Selain bayam sayuran hijau seperti Brokoli, kedelai hijau dan lobak hijau dapat menjadi sumber mood booster bagi anda karena masih mengandung vitamin B.
 

3. Kopi

Kopi yang banyak mengandung Kafein mungkin dari beberapa orang merasa cemas. Namun, tau kah anda jika kafein dapat meningkatkan kewaspadaan dan perhatian sehingga memiliki efek positif pada suasana hati.

Kafein terbukti secara ilmiah untuk melepaskan neurotransmiter, penambah mood, seperti Dopamin dan norepinefrin. Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa kopi berkafein maupun tidak berkafein dapat meningkatkan mood seseorang, dibandingkan dengan minuman lain.

4. Ikan Salmon

Ikan salmon menurupakan salah satu makanan penambah mood. Pasalnya ikan salmon ataupun ikan tuna yang berlemak banyak mengandung asam lemak Omega 3 yang baik untuk jantung dan pikiran anda.
 

5. Makanan fermentasi

Makanan fermentasi yang dapat mendukung kesehatan usus yang baik, selain itu makanan fermentasi seperti asinan, yogurt, dan kimchi dapat meningkatkan mood anda.

Makanan ini merupakan sumber probiotik yang kaya. Makanan ini penting untuk mengangkat suasana hati karena serotonin  atau hormon bahagia yang di produksi oleh usus.

6. Es krim

Es krim merupakan makanan berikutnya yang dapat menaikkan mood anda dengan rasa manis dan enak. Dengan syarat memakannya tidak terlalu berlebihan es krim akan membantu menaikkan mood dengan cepat.

Es krim mengandung senyawa yang merangsang produksi trombotinin. Hormon ini lah yang mampu mengangkat suasana hati dan mencegah suasana hati dan perubahan mood. Kanduangan susu yang ada dalam es krim dapat menenangkan perasaan.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut