get app
inews
Aa Read Next : Kontroversi Tanah, Eksekusi Pengadilan Nganjuk terhadap Azizah Mamik Pramono

Mengatasi Sakit Kepala karena Kecanduan Kopi, Penyebab dan Solusinya

Selasa, 16 Juli 2024 | 10:50 WIB
header img
Mengatasi sakit kepala karena kopi. Foto: iNewsNganjuk.id/ Ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Kopi adalah salah satu minuman favorit yang disukai oleh banyak orang. Bagi para pecinta kopi, mungkin pernah mengalami sakit kepala tiba-tiba jika sehari saja tidak menikmati minuman berkafein ini.

Fenomena ini sering dialami oleh beberapa orang yang rutin mengonsumsi kopi setiap hari. Hal ini memunculkan pertanyaan, apakah ini merupakan tanda kecanduan kopi? Mari kita simak penjelasannya. Minum kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup banyak orang. Beberapa di antaranya mengalami sakit kepala jika tidak mendapatkan dosis kopi harian mereka. Dengan kata lain, mereka memang kecanduan kopi. Apa sebenarnya yang menyebabkan beberapa orang merasa sakit kepala jika tidak minum kopi, dan bagaimana cara mengatasinya?

Sebagai informasi, kafein dalam kopi dapat mengecilkan diameter pembuluh darah di kepala. Ketika seseorang yang terbiasa minum kopi berhenti mengonsumsi kafein secara tiba-tiba, pembuluh darah tersebut akan kembali melebar, yang kemudian menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala yang disebabkan oleh konsumsi kafein ini disebut caffeine headache. Kondisi ini umum terjadi pada orang yang rutin mengonsumsi kopi berkafein.

Meskipun kafein dapat menyebabkan sakit kepala, di sisi lain, kafein juga sering digunakan untuk mengatasi sakit kepala karena dapat mengurangi peradangan, mengecilkan pembuluh darah, dan meningkatkan efektivitas obat-obatan sakit kepala seperti ibuprofen dan paracetamol. Untuk menghilangkan caffeine headache, Anda bisa mencoba langkah-langkah berikut.

Perhatikan berapa banyak kafein yang Anda konsumsi setiap hari. Jika Anda sering mengalami migrain, sebaiknya kurangi atau hentikan konsumsi kafein secara bertahap. Misalnya, jika biasanya Anda minum 2 cangkir per hari, kurangi menjadi 1 cangkir per hari.

Jika sakit kepala sangat mengganggu, Anda dapat menggunakan obat antinyeri yang mengandung ibuprofen atau paracetamol, konsumsi banyak air putih, cukup istirahat, konsumsi makanan bergizi, dan berolahraga.

Stres juga perlu dikelola dengan baik. Anda dapat mencoba teknik relaksasi, meditasi, atau pijat untuk mengurangi sakit kepala.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut