get app
inews
Aa Read Next : Rumah dan Warung di Nganjuk Kebakaran, Penyebab Diduga gegara Tetesan Bensin Motor

Di Madiun, Ada Kampung Unik dan Terpencil dengan Bangunan Rumah Tak Bertembok

Senin, 22 Mei 2023 | 10:56 WIB
header img
Salah satu rumah yang berada di kampung unik dan terpencil di Madiun dengan bangunan rumah tidak bertembok. Foto : iNewsNganjuk.id /Meita

MADIUN, iNewsNganjuk.id - Madiun salah satu kota yang ada di Jawa Timur. Merupakan kota terbesar ke empat setelah Surabaya, Malang, Kediri dan memiliki julukan kota gadis.

Namun tau kah anda di kota Madiun ini terdapat kampung terpencil yang semua warganya memiliki rumah tanpa tembok. Yang menjadikan kampung ini unik dari kampung lainnya pada zaman modern seperti ini.

Kampung tersebut berada di Dusun Benduren, Desa Kenongorejo , Kecamatan Pilang kenceng. Kampung ini berada di tengah hutan dan merupakan desa paling ujung bagian utara di Kabupaten Madiun, yang berbatasan dengan kabupaten Bojonegoro.

Jika kita masuk ke kampung unik dan terpencil ini akan merasa jika kita sedang berada pada zaman dahulu. Lingkungan di desa ini sangatlah masih asri dengan hawa pedesaan yang khas, dengan bangunan rumahnya semua masih tradisional.

Suasana dikampung unik ini sangatlah sepi karena berada jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Karena berada di tengah hutan dan masih pedesaan suasana sepi dan sejuk kampung ini sangat lah terasa.

Jika dilihat-lihat kampung di sini bangunan rumahnya tidak ada yang terbuat dari tembok dari batu bata, namun semua rumah yang ada di Kampung ini terbuat dari papan kayu. Dengan bentuk rumah yang memanjang khas dari Jawa.

Walaupun semua rumah disini tidak ada tembok dari bata, papan yang dibuat rumah warga kampung sini adalah dari kayu jati asli. Ada 61 KK yang menempati kampung unik ini dengan mayoritas mata pencaharian penduduk yakni tani dengan menggarap lahan milik perhutani.

Kenapa di kampung terpencil ini bangunan rumahnya semua menggunakan papan dari kayu bukan dari tembok yang sudah modern. Karena sudah sejak dari dahulu dan turun temurun warga disini jika membangun rumah menggunakan papan dari kayu jati.

Nah jika anda penat dan bosen dengan hiruk pikuk suasana perkotaan anda dapat berkunjung sambil menikmati sejuknya udara dan keasrian di Desa terpencil dan unik yang ada di Madiun ini.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut