get app
inews
Aa Read Next : Liburan Hari Raya, Satpolairud Polres Jember Tingkatkan Pengamanan Objek Wisata Pantai

Unik! Kampung Londo di Jember, Wisata Peninggalan Zaman Belanda

Rabu, 14 Juni 2023 | 15:19 WIB
header img
Salah satu rumah yang ada di kampung Londo di Jember peninggalan Belanda. Foto : iNewsNganjuk.id/ ilustrasi

JEMBER, iNewsNganjuk - Jember salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki tempat wisata dan kampung unik. Tempat ini merupakan tempat yang  mengingatkan kita pada zaman dahulu. 


Buat kalian yang suka dengan suasana zaman dahulu bisa mengunjungi kampung unik yang satu ini. Kampung ini memiliki nama kampung Londo. Kampung Belanda ini berada di Kecamatan Kencong, Jember. 


Londo adalah julukan pribumi kepada Belanda yang datang ke Indonesia pada zaman dahulu. Kampung ini dimana kampung Londo karena banyak bangunan dan rumah yang memiliki arsitektur gaya Belanda. 


Rumah-rumah di Kampung Londo ini sangat kental dengan suasana jadul pada zaman dahulu. Bahkan jika akan memasuki kampung ini di depan pintu masuk dijaga oleh satpam.


Jika kita memasuki kedalam area kampung akan disuguhi pemandangan alam yang indah. Begitu banyak pepohonan yang hijau hingga yang berwarna warni menambah keindahan kampung Londo.


Saat masuk di kampung ini begitu jelas bangunan rumah peninggalan Belanda, sehingga tidak heran kampung ini dijuluki kampung Londo. Rumah peninggalan zaman Belanda ini memang benar apa adanya. 


Pada zaman dahulu disini terdapat pabrik gula pada masa Belanda. Tempat ini merupakan perumahan yang dihuni oleh para pekerja pabrik. Tidak heran jika arsitek rumah yang ditinggali sangat khas dengan bangunan Belanda.


Kampung Londo ini merupakan warisan budaya, hingga saat ini digemari masyarakat sekitar apalagi para pecinta fotografi jadul. Ada salah satu rumah kosong dan tidak dihuni yang ada dikampung Londo ini.


Meskipun bangunan ini merupakan peninggalan zaman Belanda, bangunan ini semuanya masih utuh dan terawat. Walaupun kampung ini adalah kampung Londo namun penghuninya adalah orang pribumi dan tetap menggunakan ciri khas tanah air. 


Warga sekitar pun semua ramah dengan para pengunjung. Mereka menyambut baik jika ada wisatawan yang berkunjung bahkan mau diajak mengobrol dan dengan respon yang sangat baik.


Nah jika kalian penasaran dengan kampung unik yang satu ini bisa langsung mengunjungi kampung ini. Karena di sini banyak spot foto jadul pada zaman dahulu.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut