get app
inews
Aa Read Next : Simak dan Ketahui Kapan Puasa Ramadhan 2024

Amalan Istimewa 10 Hari Bulan Dzulhijjah, Puasa Sunnah hingga Berqurban

Senin, 19 Juni 2023 | 14:58 WIB
header img
Amalan istimewa 10 hari bulan Dzulhijjah salah satunya menyembelih hewan qurban. Foto: iNewsNganjuk.id/ Meita

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Sebentar lagi umat Islam memasuki bulan Dzulhijjah yakni bulan yang mulia. Dalam kalender Hijriah bulan Dzulhijjah merupakan bulan ke 12 dan termasuk bulan suci dan dimuliakan.

Salah satu keutamaan bulan Dzulhijjah adalah banyaknya peristiwa besar dalam Islam pada bulan ini. Bahkan umat muslim tidak dianjurkan untuk berperang saat Dzulhijjah kecuali hanya untuk membela diri. Bulan Dzulhijjah sama istimewa seperti bulan Ramadhan.

Allah memberikan peluang kepada umat Islam untuk memperbanyak amalan shaleh dengan tujuan dan niat hanya mengharap keberkahan dari Allah SWT.

Dari Abu Bakar Radhiyallahu anhu Rasulullah SAW bersabda :

" Ada dua bulan yang pahala amalannya tidak akan berkurang. Keduanya dua bulan hari raya: bulan Ramadhan dan bulan Dzulhijjah," ( HR Bukhari 1912 dan Muslim 1089).

Disebut dalam hadist nabi 10 hari pertama bulan Dzulhijjah sangatlah istimewa. Jika tidak ada Lailatul Qadar di bulan Ramadhan, maka keutamaan 10 Dzulhijjah melebihi 10 hari terakhir di bulan Ramadhan.

Pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amal shaleh. Takbir, tahlil, dan tasbih dapat diperbanyak pada bulan Dzulhijjah, amalan lain seperti membaca Alquran juga dapat ditingkatkan.

Nah berikut amalan-amalan yang dapat dikerjakan pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah

1. Ibadah haji

Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam ke lima. Wajib dikerjakan oleh umat Islam yang mampu baik secara finansial maupun secara fisik.

Ibadah haji ini merupakan amalan yang sudah jelas dikerjakan pada bulan Dzulhijjah.

2. Puasa Sunnah

Amalan yang dilakukan pada bulan Dzulhijjah yakni puasa Sunnah. Puasa Sunnah ini dilakukan pada tanggal 1 sampai 9 Dzulhijjah. Pada tanggal  8 dan 9 yakni disebut dengan puasa tarwiyah dan Arafah.

Keutamaan puasa di bulan Dzulhijjah secara umum yakni puasa satu hari setara dengan puasa selama satu tahun. Sedangkan keutamaan secara khusus yakni menghapus dosa yang telah lalu.

Seperti dalam hadist berikut :

" Puasa hari Tarwiyah dapat menghapus dosa setahun. Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun.” (HR Abus Syekh Al-Ishfahani dan Ibnun Najar).

3. Sholat Idul adha

Sholat Sunnah pada hari raya Idul Adha dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah pada pagi hari. Sebelum melakukan sholat Ied disunnahkan mandi dahulu dan tidak boleh makan.

4. Menyembelih hewan qurban

Amalan Sunnah menyembelih hewan qurban dilakukan oleh orang yang mampu. Ibadah qurban dilakukan setelah melaksanakan sholat Idul Adha sampai tiga hari tasyrik tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.

Tujuan dari Ibadah qurban yakni mendekatkan diri kepada Allah SWT dan untuk memperoleh keridhoan-Nya. Ibadah ini merupakan perintah oleh Allah SWT.

Allah SWT berfirman

Artinya : " Maka sholatlah kepada Tuhan mu dan sembelihlah hewan qurban," (QS Al Kautsar ayat 2).

Nah itulah beberapa amalan istimewa yang dapat dikerjakan pada bulan Dzulhijjah.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut