get app
inews
Aa Read Next : Berhasil Ungkap Kasus Pencurian Sepeda Motor, Kapolres Nganjuk Beri Apresiasi Anggotanya

Tradisi Unik Kampung di Nganjuk, Orang Tua Tidak Berani Potong Rambut Anak

Jum'at, 21 Juli 2023 | 11:32 WIB
header img
Dua anak di desa Ngliman yang memiliki rambut gombak kuncung, jika ingin dipotong harus dengan ritual adat. Foto : iNewsNganjuk.id/ Meita

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Nganjuk merupakan Kabupaten yang ada di Jawa Timur, dan bukan hanya sebutan kota angin yang terkenal. Namun, terdapat sebuah kampung yang warganya memiliki kebiasaan atau tradisi unik.

Jika di Wonosobo, Jawa Tengah terdapat anak-anak berambut Gimbal. Di Nganjuk juga terdapat anak- anak berambut Gombak Kuncung. Kampung unik ini berada di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan Nganjuk.

Konon pada zaman dahulu Desa ini merupakan tempat tinggal pertapa sakti misterius bernama Ki Ageng Ngliman. Keturunan Ki Ageng Ngliman ini biasanya akan terlahir dengan rambut gombak kuncung. Gombak kuncung yakni rambut panjang  yang tumbuh tepat di ubun-ubun kepala.

Bagi anak laki- laki disebut dengan Gombak, untuk anak perempuan disebut dengan kuncung. Anak yang terlahir dengan rambut gombak kucung biasanya memiliki ciri yang hiperaktif, pintar, serta biasanya memiliki minat dalam bidang kesenian.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut