get app
inews
Aa Read Next : Ini Perbedaan Forehand dan Backhand, 2 Pukulan Dasar yang Harus Dikuasai Pemain Bulu Tangkis

Menguasai Teknik Smash dalam Bulu Tangkis, Ini Panduan Lengkapnya

Sabtu, 12 Agustus 2023 | 10:00 WIB
header img
Teknik smash dalam bulu tangkis. Foto: iNewsNganjuk.id/ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Teknik smash dalam bulu tangkis adalah salah satu gerakan penting yang dapat memberikan keunggulan dalam pertandingan. Smash merupakan pukulan kuat dari atas yang bertujuan untuk mengakhiri poin atau membuat lawan sulit mengembalikan kok. 

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk menguasai teknik smash dalam bulu tangkis:

1. Posisi yang Benar


 
Mulailah dengan posisi yang tepat. Pastikan kaki sejajar, satu kaki sedikit di depan untuk mempertahankan keseimbangan. Tubuh agak condong ke depan dan lutut ditekuk sedikit. Pegang raket dengan tangan dominan dan pastikan pegangan tetap santai.

2. Pengaturan Tubuh

Saat shuttlecock (kok) berada dalam jangkauan, geser berat badan ke kaki yang berada di belakang, sambil menaikkan lengan raket ke atas. Pastikan pandangan tetap fokus pada shuttlecock.

3. Ayunan Raket

Lakukan ayunan raket dari belakang dan atas kepala hingga ke bawah. Pada saat yang tepat, kuncikan pergelangan tangan dan pukul shuttlecock dengan sisi raket yang lebih tebal, yaitu sisi yang berlawanan dengan tali raket.

4. Pukulan dan Gerakan Tubuh

Saat melakukan pukulan, putar pinggang dan bahu dengan cepat untuk memberikan tenaga lebih pada pukulan. Tekankan pada gerakan pinggul dan bahu, bukan hanya mengandalkan lengan. Tubuh harus mengikuti gerakan raket untuk memberikan stabilitas dan tenaga yang maksimal.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut