get app
inews
Aa Read Next : Penangkapan Kurir Narkoba di Nganjuk: Ribuan Pil Koplo dan Sabu Disita Polisi

Selain Ubah Lintasan Ujian SIM, Satlantas Polres Nganjuk Sediakan Bank Soal dan Latihan Sore

Senin, 14 Agustus 2023 | 19:22 WIB
header img
Petugas Satlantas Polres Nganjuk saat memberi arahan kepada masyarakat yang hendak ujian SIM C. Foto: iNewsNganjuk.id/Panji.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Satuan lalu-lintas (Satlantas) Polres Nganjuk menghadirkan berbagai kemudahan, untuk membantu masyarakat agar bisa lulus ujian surat izin mengemudi (SIM) C.

Setelah meluncurkan inovasi perubahan lintasan ujian praktik beberapa waktu lalu, Satlantas Polres Nganjuk juga menyediakan aplikasi bank soal yang bisa didownload pemohon yang memiliki handphone android.

Adapun bagi pemohon yang tidak memiliki ponsel android disediakan buku bank soal

Kasatlantas Polres Nganjuk AKP Achmat Rochan mengatakan, apabila pemohon gagal dalam ujian tulis juga akan diberikan konseling atau pelatihan ujian tulis. Demikian halnya apabila gagal dalam teori maka akan diberikan konseling teori praktik.

"Petugas akan profesional dalam memberikan konseling pemohon SIM sehingga mudah mengikuti ujian dan praktek sehingga SIM bisa didapatkan," ujar Achmat Rochan, Jumat (11/8/2023).

Selain itu, lanjut Achmat Rochan, pihaknya juga semakin mengintensifkan program latihan pada masyarakat, agar lebih lancar mengikuti ujian tes dan praktik mencari SIM.

"Kami mengizinkan pemohon untuk berlatih di lokasi hingga pukul 17.00 WIB sore,” ujar Achmat Rochan.

Saat berlatih, petugas Satlantas Polres Nganjuk juga akan membantu mengawasi. Karena itu, setiap hari, ada petugas yang berjaga di lintasan tersebut. 

“Bisa untuk latihan praktik mengendarai sepeda motor dan mengemudi mobil,” imbuh mantan Kasi Humas Polres Blitar ini.

Untuk latihan di lintasan praktik uji SIM, Rochan mengatakan, warga tidak dipungut biaya alias gratis. Bahkan, petugas siap membantu membimbing jika mengalami kesulitan. “Silakan datang dan berlatih kapan saja asalkan setelah jam operasional pelayanan SIM,” ujarnya.

Selain mengizinkan lintasan untuk latihan, Satlantas Polres Nganjuk juga memudahkan pelajar usia 17 tahun mendapatkan SIM C. Di mana, tes dilaksanakan setiap Rabu sore, setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut