get app
inews
Aa Read Next : Polres Nganjuk Bersama Dinkes Bagikan Ribuan Vitamin untuk Anggota Bawaslu

10 Tips Menjaga Kesehatan di Tengah Banyaknya Polusi Lingkungan, Hindari Berpergian ke Jalan Raya

Senin, 04 September 2023 | 09:28 WIB
header img
Memakai masker pelindung untuk mengurangi paparan partikel berbahaya. Foto: iNewsNganjuk.id/ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Di tengah pertumbuhan perkotaan dan aktivitas industri, polusi lingkungan seringkali menjadi masalah serius bagi kesehatan manusia. Namun, ada langkah-langkah yang dapat diambil untuk tetap menjaga kesehatan Anda di tengah banyaknya polusi.

Berikut langkah-langkah untuk menjaga kesehatan di tengah banyaknya polusi.

1.Cara Pengaturan Lingkungan Dalam Ruangan

Gunakan penjernih udara atau purifier dengan filter HEPA untuk membersihkan udara di dalam rumah dari partikel-partikel polutan.Jaga ventilasi yang baik di rumah agar udara segar dapat masuk.Hindari merokok di dalam ruangan.

2. Perhatikan Kualitas Udara di Luar Rumah

Periksa indeks kualitas udara sebelum melakukan aktivitas di luar rumah. Jika indeks buruk, pertimbangkan untuk tetap di dalam ruangan.Jika harus berada di luar, hindari beraktivitas di tempat-tempat yang paling terpapar polusi, seperti pinggir jalan raya.

3.Kenakan Masker Pelindung

 Masker N95 atau masker khusus anti-polusi dapat membantu mengurangi paparan partikel berbahaya ketika Anda berada di luar ruangan.

4.Perhatikan Pola Makan dan Hidrasi

Konsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah-buahan, sayuran berdaun hijau, dan kacang-kacangan. Antioksidan membantu tubuh melawan dampak negatif polusi.Minumlah air yang cukup untuk membantu mengeluarkan toksin dari tubuh.

5. Jaga Kebersihan Kulit dan Rambut

Mandi setelah beraktivitas di luar untuk membersihkan partikel polusi yang mungkin menempel di kulit dan rambut.Gunakan produk perawatan kulit yang lembut dan tidak menyumbat pori-pori.

6.Aktivitas Fisik yang Tepat

Berolahraga di luar saat kualitas udara baik, dan pilih lokasi yang lebih terlindungi dari polusi.Alternatifnya, pertimbangkan berolahraga di dalam ruangan seperti gym.

7.Menghindari Peak Hours

Jika memungkinkan, hindari bepergian di jalan raya selama jam-jam sibuk yang dapat meningkatkan paparan polusi.

8.Pemantauan Kesehatan Rutin

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin akan membantu mendeteksi dampak dari polusi pada kesehatan Anda.

9.Kontribusi untuk Lingkungan Lebih Bersih

Kurangi penggunaan kendaraan bermotor pribadi dengan berbagi perjalanan atau menggunakan transportasi umum.Dukung inisiatif lingkungan dan partisipasi dalam kegiatan penghijauan.

10.Informasi dan Kesadaran

Tetap mengikuti berita dan informasi terkini tentang polusi udara di wilayah Anda.Tingkatkan kesadaran dan edukasi masyarakat sekitar tentang cara mengurangi dampak polusi.

Dengan mempraktikkan langkah-langkah di atas, Anda dapat membantu melindungi kesehatan Anda dan mengurangi dampak negatif polusi lingkungan. Tetap beradaptasi dengan kondisi lingkungan sekitar dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk menjaga kesehatan optimal.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut