get app
inews
Aa Read Next : Kapolres Nganjuk Pantau Kesiapsiagaan dan Kesehatan Petugas Pengamanan Kotak Suara Pemilu di PPK

6 Tips Menjaga Kesehatan saat Musim Penghujan, Simak yuk!

Kamis, 09 Februari 2023 | 10:37 WIB
header img
Sayuran, buah buahan susu dan daging merupakan makanan untuk menambah asupan gizi agar tidak rentan terserang penyakit. Foto : iNewsNganjuk.id/Meita

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Di saat musim hujan, banyak virus atau bakteri yang menyerang dan berkembang di dalam tubuh.

Beberapa penyakit yang rentan menyerang tubuh saat musim penghujan yakni flu, batuk, sesak nafas, pilek, masuk angin, penyakit kulit hingga demam berdarah.

Sehingga dengan demikian kita harus menjaga kesehatan dan memperkuat imun tubuh kita agar tidak mudah terserang penyakit.

Berikut beberapa tips kesehatan saat musim penghujan, dilansir dari beberapa sumber Kamis (9/2/2023).

1. Menjaga pola makan

Asupan gizi merupakan aspek penting dalam menjaga daya tahan tubuh kita. Apabila kurang asupan gizi kita akan rentan sekali terjangkit virus. Agar asupan gizi tercukupi kita harus menjaga pola makan sehat dengan mengkonsumsi karbohidrat, lauk pauk, Yocukup air putih, sayur dan buah-buahan.

Menurut kementerian kesehatan, frekuensi makan per hari harus diperhatikan mulai dari sarapan, makan siang dan makan malam. Sarapan merupakan prioritas utama karena memenuhi 15-30 persen kebutuhan gizi setiap hari. Disarankan untuk mengkonsumsi prebiotik seperti tempe, tahu dan yogurt agar tidak mudah terserang flu.

Sedangkan untuk menjaga daya tahan tubuh kita harus banyak mengkonsumsi vitamin C baik itu yang berasal dari buah-buahan, sayur - sayuran ataupun suplemen yang mengandung banyak vitamin C.

2. Banyak mengkonsumsi air putih

Banyak orang yang masih mengabaikan meminum air putih saat hujan, hawa yang dingin menjadikan orang tidak merasa haus sehingga orang sering melewatkan untuk minum air putih.

Namun faktanya, mengkonsumsi air putih sangat lah penting bagi tubuh, saat musim kemarau maupun saat musim hujan. Semua makanan dalam tubuh akan dicerna dengan baik apabila cairan dalam tubuh terpenuhi. Jadi pastikan anda mengkonsumsi air 1,5 liter setiap hari.

3. Menjaga kebersihan lingkungan

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar dapat mengurangi resiko terkena penyakit sekaligus menjaga tubuh tetep sehat saat musim penghujan.

Cara menjaga kebersihan diri sebenarnya tidak sulit. Contohnya dengan mandi dua kali sehari, rajin mencuci tangan dengan sabun, menutup hidung dan mulut pakai tisu atau sapu tangan ketika batuk.

Sedangkan cara menjaga kebersihan lingkungan juga sangat mudah. Contohnya membuang sampah pada tempatnya, mengubur kaleng bekas agar tidak menjadi sarang nyamuk.

4. Segera mandi setelah kehujanan

Penyakit mudah muncul ketika tubuh mengalami perubahan suhu yang drastis. Oleh sebab itu, sebaiknya segera mandi dan keramas untuk menstabilkan temperatur dingin yang terbawa oleh air hujan.

5. Rajin berolahraga

Di saat musim penghujan seperti ini membuat orang malas untuk keluar rumah, apalagi untuk berolahraga. Melakukan aktivitas fisik sangat membantu tubuh anda tetep sehat saat musim hujan. Tanpa harus keluar rumah kita pun bisa melakukan olahraga dengan cara bantuan video.

Anda bisa melakukan olahraga dengan durasi 30-50 menit setiap sesinya, setiap 3-5 kali per minggu.

6. Mengatur pola tidur

Penuhi kebutuhan istirahat setiap hari. Sangat penting untuk tidur selama 7-8 jam setiap malamnya agar sistem imun tubuh kita dalam kondisi yang optimal. Hal ini akan membuat anda terhindar dari berbagai resiko penyakit yang rentan terjadi di musim penghujan seperti ini.

Itulah beberapa tips untuk memenimalisir resiko gangguan kesehatan saat musim hujan.

Jangan lupa untuk selalu menyiapkan berbagai peralatan hujan sebagai persiapan di musim penghujan. Anda bisa siapkan payung, mantel hujan, gunakan juga baju hangat dan kaos kaki yang sesuai agar kondisi kesehatan tetap terjaga.

(iNewsNganjuk.id/Meita)

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut