get app
inews
Aa Read Next : Inovasi Terbaru: Kripik Bonggol Pisang dari Limbah Pisang

Kementerian Agama Jombang Intensifikasi Sosialisasi Gerakan Masyarakat Sadar Halal ke Siswa Madrasah

Kamis, 14 September 2023 | 18:07 WIB
header img
Kementrian agama jombang sosialisasi gerakan masyarakat sadar halal. Foto: iNewsNganjuk.id/Sherly.

JOMBANG, iNewsNganjuk.id, - Dalam rangka tindak lanjut peluncuran Gerakan Masyarakat Sadar Halal Jombang (Masdarlambang) yang berlangsung di Desa Menturo, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang pada tanggal 22 Agustus 2023, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang kini menggelar kampanye sadar halal di 241 Madrasah Ibtidaiyah se-Kabupaten Jombang, melibatkan 35.775 siswa, serta satu Madrasah Aliyah (MA), yaitu MAN 1 Jombang, yang turut serta dalam program tersebut .

Dalam kampanye Masdarlambang ini, seluruh jajaran kantor Kementerian Agama, termasuk Kepala Kantor, Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Kepala Seksi dan Penyelenggara, pengawas madrasah dan Pendidikan Agama Islam (PAI), kepala Kantor Urusan Agama (KUA), penyuluh agama Islam fungsional, penyuluh agama Islam honorer, dan pendamping produk halal madrasah, secara serentak menjadi pembina pada apel pagi di madrasah.

Pada kesempatan tersebut, seluruh peserta didik diberikan edukasi mengenai pentingnya mengonsumsi dan membeli makanan serta minuman yang bersertifikat halal.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Jombang, Muhajir, dalam sambutannya menjelaskan bahwa Kementerian Agama Kabupaten Jombang kini mendukung dan mengkampanyekan Masdarlambang.

"Masdarlambang adalah singkatan dari Masyarakat Sadar Halal Jombang yang sudah kami luncurkan pada bulan Agustus lalu di Desa Menturo, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang," jelas Muhajir.

Muhajir juga mengungkapkan bahwa melalui Masdarlambang, pihaknya bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat Jombang, terutama peserta didik madrasah, mengenai pentingnya hanya mengonsumsi makanan dan minuman yang bersertifikat halal.

"Ketika membeli makanan dan minuman di mana pun, pastikan bahwa produk tersebut memiliki label halal yang tertera pada kemasannya," tambahnya.

Muhajir juga menekankan pentingnya kampanye ini disampaikan kepada keluarga, termasuk orang tua, saudara, dan teman-teman. Ia berpesan untuk terus mendukung Gerakan Masdarlambang dan memastikan bahwa semua masyarakat di Kabupaten Jombang hanya mengonsumsi makanan, minuman, dan produk yang telah dijamin kehalalannya.

Sementara itu, Fitriah Susanti, Pelaksana Gerakan Masdarlambang, yang juga menjabat sebagai Penyelenggara Zakat dan Wakaf (Penzawa), menjelaskan bahwa target kampanye ini adalah seluruh peserta didik madrasah se-Kabupaten Jombang.

"Target kampanye sadar halal ini adalah seluruh peserta didik madrasah se-Kabupaten Jombang. Untuk mencapainya, kami akan melaksanakan kampanye dalam dua tahap, yang pertama adalah hari ini, dan tahap kedua akan dilaksanakan pada Senin mendatang," ungkapnya.

Fitriah menambahkan bahwa sasaran dari tahap kedua akan melibatkan Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang belum terjadwal di tahap pertama, serta Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

"Semoga dengan adanya Gerakan Masdarlambang ini, seluruh peserta didik dapat memahami kewajiban sebagai Muslim untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang halal. Ketika berbelanja, mereka diharapkan memilih produk yang telah memiliki label halal resmi," pungkasnya

Editor : Agus suprianto

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut