get app
inews
Aa Read Next : Berhasil Ungkap Kasus Pencurian Sepeda Motor, Kapolres Nganjuk Beri Apresiasi Anggotanya

Pengertian Syirik Khafi dalam Islam, Serta Cara Menghindari Perilakunya

Sabtu, 23 September 2023 | 09:58 WIB
header img
Pengertian syirik khafi dalam Islam dan cara menghindarinya. Foto : iNewsNganjuk.id/ Ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Syirik adalah tindakan menyekutukan Allah Swt. Tindakan syirik mencakup penyembahan berhala, patung, atau arca. Namun saat ini, konsep "berhala" telah berubah menjadi keyakinan dalam kekuatan penyembuh yang terdapat pada dokter, paranormal, atau tabib.

Mengimani bahwa hanya Allah yang patut disembah, maka meyakini hal lain selain-Nya adalah tindakan yang sangat salah.

Pengertian Syirik Khafi dalam Islam

Syirik Khafi adalah perbuatan syirik yang dilakukan secara tersembunyi. Contohnya adalah meyakini adanya kekuatan pada seseorang yang seharusnya hanya Allah yang diagungkan.

Salah satu bentuk Syirik Khafi adalah ketika seseorang merasa bahwa pencapaiannya didasarkan pada kemampuannya sendiri, meskipun Allah-lah yang memberikan anugerah.

Yang termasuk dalam kategori Syirik Khafi adalah saat di dalam hati kita ada dorongan untuk mendapatkan pujian dari manusia. Ini disebut sebagai riya' (pamer), yang setara dengan sum'ah (perbuatan baik yang ingin dilihat orang lain), kibir (merasa superior), ujub (mengagungkan diri sendiri), dan sejenisnya, semuanya masuk dalam kategori Syirik Khafi.

Syirik Khafi adalah bentuk syirik yang tersembunyi dan merupakan dosa besar yang tidak diampuni dalam Islam. Ternyata, banyak perilaku yang tanpa kita sadari termasuk dalam kategori Syirik Khafi, seperti sikap ujub, riya', sum'ah, dan kibir.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut