get app
inews
Aa Read Next : Penangkapan Kurir Narkoba di Nganjuk: Ribuan Pil Koplo dan Sabu Disita Polisi

Sri Handoko Taruna Resmi Dilantik Jadi Pj Bupati Nganjuk

Minggu, 24 September 2023 | 17:25 WIB
header img
Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna saat dilantik oleh Gubernur Jatim di Gedung Grahadi Surabaya, Minggu (24/9/2023). Foto: iNewsNganjuk.id/Dok kominfo.

SURABAYA, iNewsNganjuk.id -  Kepastian siapa yang ditunjuk menjadi Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk terjawab Minggu sore (24/9/2023). Sosok pengganti Bupati Marhaen Djumadi itu adalah Sri Handoko Taruna, yang juga Direktur Kewaspadaan Nasional pada Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri.

Handoko resmi dilantik oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, bersama 5 Pj kepala daerah Jatim, dalam pelantikan sesi ke-2, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (24/9/2023), sekitar pukul 14.00 WIB.

Secara keseluruhan ada 12 Pj kepala daerah yang dilantik di hari yang sama, dibagi dalam 2 sesi. Mama-nama pejabat yang dilantik, termasuk Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna, sesuai dengan penetapan yang dikeluarkan oleh (Kemendagri) pada 22 September 2023.

Sebelum mengambil sumpah jabatan, Gubernur Khofifah menanyakan kembali kepada Calon Pj Bupati Handoko dan calon Pj kepala daerah lainnya untuk berkenan diambil sumpah.

 "Sebelum saya mengambil sumpah, saya ingin bertanya, apakah saudara bersedia diambil sumpahnya," kata Khofifah.

 "Bersedia," jawab Sri Handoko serempak bersama 5 calon Pj kepala daerah lainnya.

Khofifah berpesan, sumpah yang akan diucapkan mengandung tanggung jawab terhadap Bangsa dan Negara Republik Indonesia.

"Tanggung jawab, memelihara dan menyelamatkan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 serta tanggung jawab terhadap kesejahteraan rakyat," ucapnya.

Di mana, sumpah jabatan tersebut tidak hanya disaksikan diri sendiri ataupun yang ada di dalam gedung namun juga oleh Tuhan Yang Maha Esa.

"Karena Tuhan itu Maha Mendengar dan Maha Mengetahui. Sumpah ini hendaknya diucapkan dalam kesadaran yang sepenuhnya dengan kemauan yang sungguh-sungguh," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, sumpah jabatan tersebut adalah janji kepada Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran.
Untuk diketahui, prosesi pengambilan sumpah dan penandatanganan berita acara pelantikan, juga dihadiri oleh mantan Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi.

Sri Handoko Taruna, pejabat eselon II-a Kemendagri yang kini menjadi Pj Bupati Nganjuk, merupakan putra daerah Kota Angin.

Ia dilahirkan di Nganjuk, 7 Maret 1978, dan saat ini berdomisili di Desa Wanaherang, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

Adapun masa kecil Sri Handoko Taruna tercatat pernah bersekolah di SDN 1 Kauman Nganjuk pada tahun 1990, SMP 1 Nganjuk lulusan tahun 1993, kemudian SMAN 2 Nganjuk tahun 1996. Ia kemudian melanjutkan studi Diploma IV Pemerintahan di STPDN wisuda tahun 2000 dan S2 Magister Administrasi Kebijakan Publik di Universitas 17 Agustus 45 tahun 2023.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut