get app
inews
Aa Read Next : Kontroversi Tanah, Eksekusi Pengadilan Nganjuk terhadap Azizah Mamik Pramono

7 Keutamaan Membaca Sholawat, Yuk Amalkan Agar Mendapat Syafaat dari Rasulullah SAW

Rabu, 27 September 2023 | 13:37 WIB
header img
Keutamaan membaca sholawat Nabi salah satunya mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW. Foto : iNewsNganjuk.id/ ilustrasi.

2. Mendapatkan Syafaat Rasulullah SAW 

Membaca shalawat juga membantu umat Islam mendapatkan syafaat (pertolongan) dari Nabi Muhammad. Di hari akhirat, hanya orang-orang beriman yang akan menerima syafaat dari Rasulullah SAW untuk melewati berbagai kesulitan di hari kiamat.

3. Mendapatkan Sambutan Shalawat dari Rasulullah SAW 

Manfaat lain dari membaca shalawat adalah menerima sambutan shalawat dari Rasulullah. Setiap Muslim yang bershalawat kepada Nabi Muhammad akan menerima sambutan serupa dari beliau. Selain itu, mereka juga mendapatkan pencatatan sepuluh kebaikan.

4. Ditinggikan Derajatnya 

Dalam hadis riwayat Imam Thabrani, Imam An-Nasai, dan Imam Al-Bazzar, Rasulullah bersabda bahwa Allah akan meninggikan derajat mereka yang bershalawat dengan ikhlas sepuluh kali lipat dan mencatat sepuluh kebaikan, serta menghapus sepuluh keburukan.

5. Menghapuskan Kekafiran 

Membaca shalawat juga bisa menghapuskan kefakiran. Dikatakan bahwa bagi yang membaca shalawat, Allah akan menghilangkan kefakiran mereka dan memberikan berkah yang bermanfaat.

6. Malaikat Turut Bershalawat 

Malaikat juga ikut bershalawat saat seorang Muslim bershalawat untuk Nabi Muhammad. Ini ditegaskan dalam hadis bahwa Allah dan malaikat-Nya akan bershalawat 70 kali untuk mereka yang bershalawat.

7. Mengalirkan Keberkahan 

Terakhir, membaca shalawat pada Nabi Muhammad mengalirkan keberkahan. Orang yang melakukan shalawat termasuk dalam golongan yang paling utama di sisi Allah. Allah akan mengalirkan berkah dan kebaikan kepada mereka, bahkan hingga kepada keturunan mereka.

Membaca shalawat adalah amalan yang tidak hanya mendatangkan berkah dalam kehidupan dunia, tetapi juga membawa kebaikan yang besar di akhirat. Oleh karena itu, mari terus mengamalkan shalawat sebagai wujud cinta dan penghormatan kita kepada Nabi Muhammad SAW.

 

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut