get app
inews
Aa Read Next : Kapolres Nganjuk Memimpin Serah Terima Jabatan Kabaglog, Kasat Bimas, dan Kapolsek Ngluyu

Tasyakuran Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68, Polres Nganjuk Kenalkan Aplikasi Ilmu Semeru

Rabu, 27 September 2023 | 22:00 WIB
header img
Kapolres Nganjuk menyerahkan motor yang berhasil kembali kepada pemiliknya berkat Aplikasi Ilmu Semeru, Rabu (27/9/2023). Foto: iNewsNganjuk.id/Panji.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Memperingati Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68 tahun 2023, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Nganjuk menggelar tasyakuran dan pengenalan inovasi aplikasi pelayanan bernama "Ilmu Semeru", di Gedung Wanita Nganjuk, Rabu (26/9/2023).

Tasyakuran dipimpin langsung oleh Kapolres Nganjuk AKBP Muhammad, dengan dihadiri oleh jajaran Forkopimda Nganjuk, Wakapolres Kompol Mustijat, Kasat Lantas AKP Achmad Rochan, serta para PJU Polres Nganjuk lainnya.

Untuk diketahui, Hari Lalu Lintas Bhayangkara diperingati setiap tanggal 22 September. Di mana, pada tahun 2023 ini mengambil tema "Modernisasi Pelayanan Polantas Presisi Mengawal Pemilu Damai Untuk Indonesia Maju".

"Kamis ucapkan selamat hari jadi kepada jajaran Satlantas. Semoga semakin dicintai oleh masyarakat," ucap Kapolres Nganjuk AKBP Muhammad.

Perwira berpangkat dua melati emas itu juga menyampaikan, satlantas merupakan ujung tombak Polri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga, ke depan diharapkan semakin mengoptimalkan kinerja di tengah-tengah masyarakat.

Di sela-sela tasyakuran, Muhammad juga memperkenalkan aplikasi "Ilmu Semeru". Yakni, aplikasi yang memberikan kemudahan dalam melakukan laporan bagi masyarakat yang kehilangan kendaraan bermotor.

"Aplikasi 'Imu Semeru' atau Ilang Temu ini merupakan inovasi terbaru dari Polda Jatim yang mampu terhubung dengan seluruh Polres jajaran di wilayah Jawa Timur. Masyarakat yang kehilangan kendaraan bermotor dengan mudah dapat melakukan pelaporan melalui aplikasi yang bisa diunduh melalui Playstore," terang Muhammad.

Aplikasi Ilmu Semeru ini menurut Muhammad juga memungkinkan masyarakat untuk melakukan pencarian kendaraan bermotor yang hilang. Pengguna hanya perlu memasukkan nomor polisi kendaraan yang akan dicari, dan jika kendaraan tersebut sudah ditemukan oleh pihak kepolisian, maka akan muncul informasi lengkap mengenai kendaraan tersebut beserta informasi kontak yang dapat dihubungi.

Tak hanya mengenalkan, dalam kesempatan tersebut Muhammad juga menyerahkan langsung 1 unit motor Honda Scoopy nopol AE 3080 UD, milik masyarakat yang sebelumnya sempat hilang dan berhasil ditemukan melalui aplikasi Ilmu Semeru.

Sementara itu, Kasatlantas AKP Achmad Rochan menambahkan, rangkaian peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68 di Nganjuk diisi dengan berbagai kegiatan. 

Antara lain bakti religi membersihkan tempat-tempah ibadah, bakti sosial bersama komunitas motor klasik untuk warga miskin di Stadion Berbek, dan dropping air bersih di Kecamatan Lengkong.

"Puncaknya hari ini (27/9/2023), Satlantas Polres Nganjuk menggelar tasyakuran dan sosialisasi Aplikasi "Ilmu Semeru", inovasi pelayanan untuk masyarakat khususnya di Kabupaten Nganjuk," pungkas Achmad Rochan.

Editor : Agus suprianto

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut