get app
inews
Aa Read Next : Penangkapan Kurir Narkoba di Nganjuk: Ribuan Pil Koplo dan Sabu Disita Polisi

Bacaan Doa dan Zikir ketika Ada Petir dalam bahasa Arab dan Artinya

Kamis, 05 Oktober 2023 | 14:11 WIB
header img
Doa dan zikir ketika ada petir. Foto : iNewsNganjuk.id/ ilustrasi

NGANJUK, iNewsNganjuk id - Musim penghujan sering kali disertai hujan deras, angin kencang, dan petir yang menggelegar. Dalam Islam, ada anjuran untuk membaca doa dan zikir ketika terjadi petir, sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW kepada para sahabatnya.

Rasulullah SAW pernah bersabda, "Bila kalian mendengar petir, maka ingatlah Allah dengan berzikir karena dia tidak akan menyambar orang yang berzikir." (HR. Thabrani)

Dalam pandangan Islam, petir bukan hanya sekadar fenomena alam, tetapi juga sebagai tanda kebesaran Allah SWT sebagai Tuhan Yang Maha Kuasa. Bahkan, ada sebuah surat dalam Alquran yang membahas tentang petir, yaitu surat Ar-Ra'd.

Allah SWT berfirman dalam surat tersebut, "Dialah Tuhanmu yang memperlihatkan kilat kepadamu untuk menimbulkan ketakutan dan harapan, dan Dia mengadakan awan mendung." (Q.S Ar-Ra'd: 12)

Membaca doa dan zikir ketika terjadi petir adalah amalan sunah yang dianjurkan dalam Islam. Hal ini juga dijanjikan oleh Allah SWT akan membawa banyak manfaat, seperti ketenangan, ketenteraman, perlindungan dari setan, serta pengampunan dosa.

Berikut ini adalah doa dan zikir yang bisa diamalkan ketika mendengar petir:

اَلًلهُمَ لا تقتلنا بغضبك ولا تهلكنا بعذابك وعافنا قبل ذلك


Allahumma la taqtulna bighadhabika wala tuhlikna bi'adzabika wa 'afina qabla dzalika. 

Artinya: Ya Allah, janganlah Engkau mematikan kami dengan kemarahan-Mu, dan janganlah Engkau merusak kami dengan siksaan-Mu, dan ampunilah kami sebelum semua itu terjadi.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut