get app
inews
Aa Read Next : Kontroversi Tanah, Eksekusi Pengadilan Nganjuk terhadap Azizah Mamik Pramono

Bolehkah Puasa Nazar Digabung dengan Puasa Senin Kamis? Ini Pendapat Ulama

Jum'at, 13 Oktober 2023 | 09:59 WIB
header img
Bolehkah puasa nazar digabung dengan puasa Senin Kamis ini pendapat para ulama. Foto : iNewsNganjuk.id / ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id, - Puasa adalah salah satu ibadah penting dalam agama Islam. Selain puasa wajib seperti puasa Ramadan, ada juga puasa-puasa sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan. Di antara puasa sunnah yang cukup populer adalah puasa Senin dan Kamis, serta puasa nazar. Namun, apakah boleh menggabungkan keduanya?

Puasa Nazar dalam Islam

Puasa nazar adalah puasa yang dilakukan sebagai wujud dari nazar atau janji kepada Allah. Seseorang mungkin berjanji untuk berpuasa jika Allah mengabulkan permintaan tertentu. Puasa ini merupakan tindakan sukarela dan sifatnya wajib jika telah membuat nazar. Maka, jika anda telah berjanji untuk berpuasa sebagai nazar, anda harus menunaikannya.

Puasa Senin dan Kamis dalam Sunnah

Puasa Senin dan Kamis adalah puasa sunnah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis, dan beliau memberikan berbagai alasan untuk melakukannya. Ini termasuk, tetapi tidak terbatas pada, menghapuskan dosa-dosa kecil antara dua hari itu dan menjadi waktu ketika perbuatan baik seseorang dipersembahkan kepada Allah.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut