get app
inews
Aa Read Next : Pelatihan Instagram di Bale Kreasi: Inisiatif Mas Fajr untuk UMKM Nganjuk Melek Digital

Ini Tanda-Tanda Gejala Diabetes pada Anak, Perlu Diwaspadai !

Kamis, 16 November 2023 | 10:31 WIB
header img
Waspadai tanda tanda gejala diabetes pada anak. Foto : iNewsNganjuk.id/ ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id, - Tanda-tanda diabetes Tipe 1 pada anak yang harus diketahui orang tua. Diabetes tipe 1 pada anak bisa dimulai pada usia berapa pun, ketika tubuh tidak menghasilkan insulin sama sekali.

Diabetes tipe 1 adalah gangguan autoimun, di mana sistem kekebalan tubuh merusak sel-sel di pankreas yang memproduksi insulin. Akibatnya, pankreas tidak bisa memproduksi insulin lagi sama sekali.

Insulin adalah hormon yang membantu gula (glukosa) dalam darah masuk ke sel-sel tubuh untuk digunakan sebagai bahan bakar energi.

Ketika glukosa tidak bisa masuk ke dalam sel, itu menumpuk di dalam darah menyebabkan gula darah tinggi (hiperglikemia) dan pada akhirnya menjadi diabates.

Gula darah tinggi dapat menyebabkan masalah di seluruh tubuh. Dapat merusak pembuluh darah, saraf, dan organ, seperti mata, ginjal, dan jantung.

Apa yang menjadi tanda-tanda diabetes tipe 1 yang harus diwaspadai oleh para orangtua? Berikut akan diulas secara ringkas dalam artikel ini. 

Tanda -tanda diabetes tipe 1 pada anak meliputi: 

1. Tingginya kadar glukosa dalam darah dan urine saat diuji

Rasa haus yang tidak biasa, sering buang air kecil. Misalnya, bayi mungkin perlu lebih banyak mengganti popok atau anak yang sudah terbiasa ke kencing di toilet tiba-tiba mulai mengompol lagi.

2. Anak memiliki rasa lapar ekstrem, tapi berat badannya turun dan hilang nafsu makan

Kehilangan nafsu makan pada anak kecil, Penglihatan kabur, mual dan muntah, sakit perut, Kelemahan dan kelelahan, Iritabilitas dan perubahan suasana hati. Ruam popok serius yang membaik dengan pengobatan napas cepat dan berbau buah infeksi jamur pada anak perempuan.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut