get app
inews
Aa Read Next : Kontroversi Tanah, Eksekusi Pengadilan Nganjuk terhadap Azizah Mamik Pramono

Keutamaan Sholawat Fatih Lengkap dengan Bacaannya, Yuk Amalkan agar Dapat Keberkahan

Jum'at, 01 Desember 2023 | 09:53 WIB
header img
Keutamaan membaca sholawat Fatih, salah satu amalan yang dapat memperoleh keberkahan. Foto : iNewsNganjuk.id/ ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id, -  Sholawat adalah tindakan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW, dan salah satu bentuknya adalah sholawat Fatih. Bacaan sholawat Fatih adalah doa pujian kepada Nabi Muhammad SAW yang diyakini memiliki banyak keutamaan. Membaca sholawat Fatih dianggap sebagai bentuk ibadah yang dapat mendatangkan berkah dan keberkahan.

Orang-orang sering mengamalkan sholawat Fatih sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah dan memohon pertolongan serta keberkahan dalam kehidupan mereka.

Bacaan Sholawat Fatih 

Bacaan sholawat Fatih, juga dikenal sebagai Sholawat Thibbil Qulub, adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِي كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُومٍ لَكَ.

Artinya:
"Ya Allah, berilah sholawat yang sempurna dan salam yang utuh kepada junjungan kami Muhammad, yang dengan beliau terurai simpul-simpul kesulitan, terangkat kesusahan, terpenuhi kebutuhan, tercapai keinginan, dan baiklah akhir kehidupan. Dengan wajah yang mulia ini, hujanlah keberkahan kepada keluarga dan sahabatnya dalam setiap detik dan nafas, sebanyak yang Engkau ketahui."

Sholawat Fatih dipercaya memiliki keutamaan dan manfaat besar, termasuk sebagai penyejuk hati, penangkal bala, dan sarana untuk memohon berbagai hajat kepada Allah SWT.

Keutamaan Sholawat Fatih termasuk dalam sejumlah keyakinan masyarakat Islam, dan meskipun tidak ada keutamaan yang secara eksplisit disebutkan dalam hadist-hadist sahih dari Nabi Muhammad SAW terkait Sholawat Fatih, namun ada beberapa keutamaan yang sering diakui oleh beberapa kelompok. Beberapa keyakinan tersebut antara lain.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut