get app
inews
Aa Read Next : Kontroversi Tanah, Eksekusi Pengadilan Nganjuk terhadap Azizah Mamik Pramono

Hukum Sujud Sahwi dalam Sholat Beserta Dalilnya

Jum'at, 15 Desember 2023 | 09:07 WIB
header img
Hukum melakukan sujud Sahwi beserta dalilnya. Foto : iNewsNganjuk.id/ ilustrasi.

Dalil Sujud Sahwi 

Dalil utama tentang hukum sujud sahwi dapat ditemukan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah. Rasulullah saw. bersabda, "Apabila salah seorang di antara kalian lupa dalam sholatnya, lalu dia tidak tahu berapa rakaat yang telah dia lakukan, maka hendaklah dia sholat dua rakaat lagi, dan jika dia sempat membuktikan sholatnya dengan sujud, maka hendaklah dia melakukannya." (HR. Muslim)

Hadist ini menegaskan bahwa sujud sahwi adalah bentuk kompensasi ketika seseorang lupa atau melakukan kesalahan dalam sholatnya. Rasulullah memberikan petunjuk clear bahwa sujud sahwi dapat dilakukan untuk mengoreksi kelalaian tersebut.

Dalam Islam, sujud sahwi adalah bentuk rahmat Allah yang memberikan kesempatan bagi umat-Nya untuk memperbaiki kesalahan dalam ibadah. Dalil yang jelas mengenai hukum sujud sahwi menegaskan bahwa Islam tidak hanya memberikan aturan, tetapi juga memberikan solusi bagi umatnya agar dapat menjalankan ibadah dengan benar. Dengan pemahaman yang baik tentang sujud sahwi, umat Muslim dapat lebih yakin bahwa Allah Maha Pengampun dan Maha Pengasih.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut