get app
inews
Aa Read Next : Penangkapan Kurir Narkoba di Nganjuk: Ribuan Pil Koplo dan Sabu Disita Polisi

Perlindungan dan Keselamatan, Makna Doa sebelum Naik Kendaraan dalam Islam

Jum'at, 26 Januari 2024 | 13:35 WIB
header img
Doa ketika kita hendak naik kendaraan laut, darat maupun udara. Foto : iNewsNganjuk.id/ ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id- Umat Muslim disarankan untuk membaca doa ketika akan berkendara atau bepergian guna memohon keselamatan. Ada beberapa bacaan doa naik kendaraan, termasuk perjalanan darat, laut, dan udara. Praktik membaca doa sebelum berpergian ini merupakan amalan sunnah dengan tujuan memohon kelancaran dan keselamatan selama perjalanan, mulai dari berangkat hingga pulang.

Doa sebelum naik kendaraan memiliki makna mendalam dalam Islam, karena berfungsi sebagai perlindungan bagi individu yang akan melakukan perjalanan. Salah satu hadist yang merincikan doa ini dapat ditemukan dalam kitab Shahih Bukhari.

Hadist tersebut disampaikan oleh Anas bin Malik, seorang sahabat Nabi Muhammad SAW. Beliau menceritakan bahwa Rasulullah SAW biasa mengajarkan doa berikut sebelum seseorang naik kendaraan:
"Bismillahi, tawakkaltu 'alallah, wala hawla wala quwwata illa billah" yang artinya "Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya; tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah."

Doa ini mengandung pengakuan ketergantungan kepada Allah sebagai pelindung dan pemberi kekuatan dalam setiap perjalanan. Penggunaan kata 'tawakkal' menunjukkan rasa percaya sepenuhnya kepada Allah sebagai penolong.

Sementara doa ini tidak hanya berkaitan dengan kendaraan, melainkan mencakup seluruh aspek kehidupan, penggunaannya sebelum naik kendaraan memberikan kesan keselamatan dan perlindungan khusus selama perjalanan. Dengan mengingat Allah sebelum memulai perjalanan, seorang Muslim diharapkan senantiasa dalam lindungan-Nya.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut