get app
inews
Aa Read Next : Penangkapan Kurir Narkoba di Nganjuk: Ribuan Pil Koplo dan Sabu Disita Polisi

Unik! TPS Pemilu di Desa Kuncir Dihias dengan Nuansa Pernikahan Jawa

Selasa, 13 Februari 2024 | 15:08 WIB
header img
Tempat pemungutan suara unik di Desa Kuncir, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk. Foto: iNewsNganjuk.id/Sherly.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Pemilu yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, menampilkan TPS yang unik yaitu di Desa Kuncir, Kecamatan Ngetos, yang menarik perhatian masyarakat. 

Di TPS 07 Desa Kuncir, petugas KPPS menghias tempat pemungutan suara seperti sebuah perhelatan pernikahan Jawa, lengkap dengan dekorasi khas pernikahan yang disebut Kwadenya. Terletak di Balai Desa Kuncir, TPS 07 dipenuhi dengan bunga-bunga beraneka ragam dan simbol gunungan dalam pewayangan, memberikan suasana yang sejuk dan menawan sejak pintu masuk.

Kepala Desa Kuncir, Wiwit Sukartinem, mengakui bahwa TPS 07 dihiasi dengan nuansa pernikahan Jawa untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan menarik minat warga untuk menggunakan hak pilihnya. Wiwit juga menegaskan bahwa pemilihan tema Jawa bertujuan untuk memperkenalkan kearifan lokal kepada pemilih, terutama generasi milenial. "Mengambil tema Jawa, kami menyambut para pemilih dengan ucapan 'sugeng rawuh', dan besok para petugas akan mengenakan pakaian adat Jawa," ujar Wiwit.

Selain dekorasi yang mencolok, pemilih di TPS Desa Kuncir juga disuguhi alunan gamelan Jawa pada hari pemilihan untuk menciptakan suasana yang santai, sehingga pemilih merasa nyaman tanpa adanya ketegangan meskipun memiliki pilihan yang berbeda.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut