get app
inews
Aa Read Next : Simak dan Ketahui Kapan Puasa Ramadhan 2024

Mengenal Keutamaan Bulan Syaban dalam Islam, Dalil dan Amalan yang Dianjurkan

Senin, 19 Februari 2024 | 13:26 WIB
header img
Keutamaan bulan syaban. Foto: iNewsNganjuk.id/Ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Bulan Sya'ban adalah salah satu bulan yang diberkahi dalam kalender Islam, yang terletak di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Meskipun bulan ini sering kali terlupakan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya, seperti Ramadhan atau Dzulhijjah, namun Sya'ban memiliki keutamaan tersendiri yang patut untuk disadari oleh umat Islam. Berikut ini adalah beberapa keutamaan bulan Sya'ban beserta dalil-dalilnya yang terdapat dalam hadis:

1. Amalan Diperhatikan oleh Allah

Dalam bulan Sya'ban, amalan-amalan hamba akan diperhatikan oleh Allah dengan lebih intensif. Rasulullah Muhammad SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah memperhatikan kepada hamba-hamba-Nya pada malam Nisfu Sya'ban, lalu mengampuni semua hamba-Nya kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan." (HR. Abu Dawud)

2.Memperbanyak Puasa

Rasulullah SAW sering berpuasa di bulan Sya'ban. Beliau bersabda, "Bulan Sya'ban adalah bulanku, dan bulan Ramadhan adalah bulan Allah." (HR. Nasa'i) Puasa di bulan Sya'ban disunahkan terutama pada hari-hari putih (ayam tanggal 13, 14, dan 15).

3. Menghidupkan Malam Nisfu Syaban

Malam pertengahan bulan Sya'ban atau Malam Nisfu Sya'ban merupakan malam yang sangat diberkahi. Dalam malam tersebut, pahala amalan-amalan yang baik dilipatgandakan. Rasulullah SAW bersabda, "Pada malam pertengahan Sya'ban, Allah SWT melihat dan memberikan rahmat kepada semua makhluk-Nya kecuali dua jenis manusia; orang yang musyrik atau orang yang bermusuhan." (HR. At-Tirmidzi)

4.Meningkatkan Shalat Malam

Rasulullah SAW juga dikenal meningkatkan ibadah shalat malam di bulan Sya'ban. Beliau bersabda, "Pada malam pertengahan bulan Sya'ban, Allah SWT turun ke langit dunia dan mengampuni seluruh hamba-Nya kecuali dua orang; orang yang musyrik dan orang yang bermusuhan." (HR. Abu Dawud)

5.Meningkatkan Istighfar dan Doa

Bulan Sya'ban juga merupakan waktu yang tepat untuk memperbanyak istighfar (meminta ampunan) dan doa kepada Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, "Aku meminta ampunan kepada Allah dalam sehari hingga 100 kali." (HR. Bukhari)

Dengan memperhatikan keutamaan bulan Sya'ban dan amalan-amalan yang dianjurkan di dalamnya, umat Islam dapat memanfaatkannya sebagai kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, membersihkan diri dari dosa-dosa, dan mempersiapkan diri dengan baik menyambut bulan Ramadhan yang akan datang.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut