get app
inews
Aa Read Next : Jangan Lewatkan Momen Berkualitas, 6 Amalan Sunnah di Malam Takbiran Idul Fitri

Amalan dan Keutamaan Nisfu Syakban, Momen Spesial untuk Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Selasa, 20 Februari 2024 | 09:19 WIB
header img
Amalan pada nisfu syakban. Foto : iNewsNganjuk.id/ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Bulan Syakban (atau Syaban) adalah bulan di mana amalan manusia disetorkan kepada Allah SWT, menjadi momen permohonan kepada-Nya. Salah satu hari istimewa di bulan Syakban adalah hari ke-15, yang dikenal sebagai Nisfu Syakban. Umat Islam dianjurkan untuk melakukan berbagai amalan pada hari tersebut.

Menurut laman Nahdlatul Ulama (NU) Online, bulan Syakban memiliki keistimewaan karena merupakan saat di mana amal manusia disampaikan kepada Allah SWT. Oleh karena itu, umat Muslim dianjurkan untuk melakukan kebaikan dan amalan sunah guna mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) telah menetapkan awal bulan Syakban 1445 H jatuh pada 11 Februari 2024. Oleh karena itu, malam Nisfu Syakban jatuh pada tanggal 24 Februari 2024, dan Nisfu Syakban sendiri jatuh pada tanggal 25 Februari 2024.

Amalan pada Nisfu Syakban:

1.Memperbanyak Doa

Umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak doa pada malam Nisfu Syakban. Hal ini berdasarkan hadis yang menyatakan bahwa Allah SWT turun ke bumi pada malam tersebut untuk mengampuni dosa-dosa, kecuali dosa musyrik dan kebencian di hati. Doa yang dianjurkan antara lain adalah doa memohon ampunan, keselamatan, dan keberkahan.

2.Memperbanyak Syahadat

Membaca kalimat syahadat, La ilaha illallah Muhammadur Rasulullah, sangat dianjurkan pada Nisfu Syakban. Hal ini memperkuat keimanan dan mengingat kebesaran Allah SWT serta keutamaan Nabi Muhammad SAW.

3.Memperbanyak Istigfar

Istighfar, atau meminta ampunan atas dosa-dosa, sangat dianjurkan pada malam Nisfu Syakban. Allah SWT senantiasa mengampuni hamba-Nya yang bertaubat dengan sungguh-sungguh.

4.Memperbanyak Zikir

Membaca zikir untuk memuji Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW juga merupakan amalan yang baik pada malam Nisfu Syakban. Beberapa zikir yang bisa dilakukan adalah Astaghfirullahal 'Adzim, Alhamdulillah, Subhanallah, Allahuakbar, dan Shalawat Nabi.

5.Membaca Surat Yasin Tiga Kali

Umat Muslim juga dianjurkan membaca Surat Yasin sebanyak tiga kali pada malam Nisfu Syakban dengan niat yang berbeda untuk setiap bacaan, seperti memohon umur panjang, perlindungan, dan kekuatan iman.

6.Salat Sunah

Salat sunah, seperti salat tasbih, juga bisa dilakukan pada malam Nisfu Syakban untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

7.Puasa Syakban

Puasa Syakban, baik sejak awal bulan hingga pertengahan bulan, merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan pada bulan Syakban.

Momen Nisfu Syakban merupakan waktu yang tepat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui berbagai amalan yang dianjurkan. Dengan khusyuk dan khidmat, umat Muslim dapat memanfaatkan malam tersebut untuk memperoleh keberkahan dan ampunan dari-Nya.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut