get app
inews
Aa Read Next : Peringati Hari Pendidikan, Ini 5 Hal Penting yang Perlu Disoroti

Jangan Lewatkan Momen Berkualitas, 6 Amalan Sunnah di Malam Takbiran Idul Fitri

Selasa, 09 April 2024 | 14:19 WIB
header img
Zakat fitrah beras. Foto: iNewsNganjuk.id/ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Malam takbiran Idul Fitri adalah saat yang istimewa dalam perayaan hari raya Islam. Identik dengan pesta kembang api dan gemerlap takbir, malam tersebut memancarkan keceriaan dan kegembiraan umat Islam. Namun, agar momen ini dapat diisi dengan lebih berkualitas, terdapat enam amalan sunnah yang patut diperhatikan.

1. Mengumandangkan Takbir

Mengumandangkan takbir merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan pada malam takbiran Idul Fitri. Rasulullah Muhammad menganjurkan umatnya untuk keluar rumah sambil mengumandangkan takbir, memuliakan hari tersebut dengan kehadiran dan doa bersama.

Hadist Sahih Bukhari

"Kami dahulu diperintahkan untuk keluar pada hari raya sehingga para gadis juga keluar dan perempuan yang sedang haid pun keluar rumah. Mereka berada di belakang jamaah sholat, mereka bertakbir sebagaimana jamaah lain bertakbir, mereka berdoa dengan doa para jamaah, mereka berharap keberkahan hari itu."

Tentang amalan sunnah di malam takbiran Idul Fitri ini ditegaskan dalam Al-Qur’an surat al-Baqarah ayat 185:

‎فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهۡرَ فَلۡيَصُمۡهُۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوۡ عَلَىٰ سَفَرٖ فَعِدَّةٞ مِّنۡ أَيَّامٍ أُخَرَۗ يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلۡيُسۡرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلۡعُسۡرَ وَلِتُكۡمِلُواْ ٱلۡعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُواْ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمۡ وَلَعَلَّكُمۡ تَشۡكُرُونَ

"Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.

Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur."

2.Memperbanyak Ibadah

Malam takbiran Idul Fitri merupakan waktu yang tepat untuk memperbanyak ibadah. Menghidupkan malam tersebut dengan membaca Al-Qur'an, sholat tahajud, berzikir, dan ibadah lainnya adalah amalan yang sangat dianjurkan.

Hadist Riwayat Ibnu Majah

"Siapa yang shalat pada malam dua hari raya berharap ridha Allah maka tidak akan mati hatinya pada saat hati-hati manusia lain mati."

3. Menunaikan Zakat Fitrah

Menunaikan zakat fitrah merupakan kewajiban yang harus dipenuhi sebelum pelaksanaan sholat Ied. Zakat fitrah bertujuan untuk membersihkan jiwa dan memberikan kebahagiaan kepada kaum less fortunate di masyarakat.

4.Sholat Subuh dan Isya Berjemaah

Melaksanakan sholat Subuh dan Isya berjemaah di masjid pada malam takbiran Idul Fitri merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Keberkahan dan keistimewaan ibadah tersebut menjadi lebih besar di momen yang berharga ini.

5.Memperbanyak Doa

Memperbanyak doa pada malam takbiran Idul Fitri adalah amalan yang sangat dianjurkan. Berdoa kepada Allah SWT untuk memohon ampunan, keberkahan, dan kebaikan bagi diri sendiri serta seluruh umat Islam merupakan hal yang sangat penting.

6. Mempersiapkan Diri Sebaik Mungkin

Persiapkan diri dengan sebaik mungkin untuk menyambut sholat hari raya Idul Fitri. Pastikan pakaian terbaik, wangi-wangian, serta sedekah telah disiapkan. Memakai pakaian terbaik dan bersedekah merupakan sunnah yang harus diperhatikan pada hari raya Idul Fitri.

Maka, dengan melaksanakan keenam amalan sunnah tersebut dengan penuh keikhlasan dan kecintaan pada malam takbiran Idul Fitri, diharapkan umat Islam dapat meraih keberkahan dan kemuliaan di sisi Allah SWT serta merayakan hari raya dengan penuh kebahagiaan dan syukur.

Editor : Agus suprianto

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut