get app
inews
Aa Read Next : Penangkapan Kurir Narkoba di Nganjuk: Ribuan Pil Koplo dan Sabu Disita Polisi

Banjir Melanda 2 Desa di Nganjuk akibat Meluapnya Sungai

Minggu, 03 Maret 2024 | 13:29 WIB
header img
Banjir melanda daerah Nganjuk. Foto: iNewsNganjuk.id/Sherly.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Kawasan Nganjuk dihebohkan oleh meluapnya sungai pada Sabtu malam (2/03/24), yang mengakibatkan kekhawatiran bagi warga Desa Banaran, Kecamatan Pace. Meluapnya air sungai telah menyebabkan genangan air di beberapa desa sekitarnya, termasuk Desa Banaran dan Desa Grojokan, Kecamatan Berbek.

Menurut keterangan salah seorang warga, Hadi Waluyo, tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir, terutama di wilayah Gunung Wilis, menjadi penyebab meluapnya sungai. Naiknya debit air sungai Kuncir telah mencapai titik kritis, mengancam pemukiman warga di sepanjang tepi sungai.

“Curah hujan di lereng Gunung Wilis cukup tinggi sehingga menyebabkan debit air sungai Kuncir naik dan menyebabkan aliran sungai di bawah meluber,” ujar Hadi.

Dampak dari luapan air sungai ini dirasakan oleh sejumlah warga di Desa Banaran. Selain membanjiri jalan desa, genangan air juga mencapai sebagian rumah penduduk.

Pihak berwenang terus memantau situasi di lapangan sambil mengimbau warga untuk tetap waspada dan siap melakukan evakuasi jika diperlukan. Harapan terbesar saat ini adalah agar curah hujan dapat mereda dalam beberapa hari ke depan, sehingga risiko banjir lebih lanjut dapat diminimalisir. Kejadian ini kembali mengingatkan pentingnya kesiapsiagaan dan penanganan bencana alam di wilayah yang rawan banjir.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut