get app
inews
Aa Read Next : Polres Nganjuk Menggelar Program Inovatif Jaya Stamba Selama Operasi Ketupat Semeru 2024

Polres Situbondo Gelar Tes Urine Rutin untuk Sopir Angkutan Umum Selama Operasi Ketupat Semeru 2024

Selasa, 16 April 2024 | 15:21 WIB
header img
Tes urine untuk para sopir. Foto: iNewsNganjuk.id/Dok Polda.

SITUBONDO, iNewsNganjuk.id,- Polres Situbondo Polda Jatim menggelar tes urine bagi para sopir angkutan umum yang beroperasi selama musim libur Lebaran 2024. Pemeriksaan dilakukan di Terminal Situbondo sebagai bagian dari upaya pencegahan kecelakaan selama masa Operasi Ketupat Semeru.

Selain tes urine, Polres Situbondo bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) untuk melakukan ramp check guna memastikan kesiapan armada bus selama masa angkutan Lebaran dan meminimalisir risiko kecelakaan.

Kapolres Situbondo, AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, yang memantau langsung kegiatan tes urine dan ramp check, menjelaskan bahwa meningkatnya arus wisata dan arus balik mudik Lebaran menyebabkan peningkatan jumlah kendaraan yang melintas di Pantura Situbondo, termasuk transportasi umum seperti bus.

“Kami melakukan tes urine dan ramp check di Terminal untuk memastikan armada dan para sopir dalam kondisi terbaik selama libur Lebaran dan arus balik mudik, dengan tujuan mencegah kecelakaan,” ujar AKBP Dwi Sumrahadi.

Selain itu, AKBP Dwi Sumrahadi juga mengimbau para penumpang untuk berhati-hati dengan barang bawaan mereka, menyarankan agar tas atau barang diletakkan di tempat yang mudah terlihat dan menghindari penggunaan barang berharga berlebihan seperti perhiasan.

Masyarakat juga diingatkan bahwa apabila ada perilaku sopir yang mencurigakan atau ugal-ugalan, mereka dapat melaporkannya melalui call center 110.

Kepada para sopir bus dan angkutan umum, Kapolres Situbondo menekankan pentingnya menjaga keselamatan penumpang. “Jika merasa lelah atau tidak mampu untuk mengemudi, lebih baik berhenti di Rest Area untuk istirahat sejenak. Utamakan keselamatan daripada kecepatan,” tambahnya.

Dari hasil pemeriksaan terhadap puluhan sopir, baik sopir bus maupun angkutan umum di Terminal Situbondo, tidak ditemukan adanya penggunaan narkoba.Selain itu, para sopir juga diberikan vitamin dan bingkisan oleh Kapolres Situbondo untuk menjaga kondisi prima mereka dalam memberikan pelayanan kepada penumpang selama arus balik mudik Lebaran.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kasatlantas AKP Yudho, Kanit Regident Satlantas Iptu Saiful Ilmi, Kanit Gakkum Satlantas Ipda H. Rahman Fadli, dan Kasidokkes Bripka Heni Puji Astri, serta petugas Dishub UPTD Terminal Situbondo dan Satpol PP.

Editor : Agus suprianto

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut