get app
inews
Aa Read Next : Upaya Cegah Kecelakaan Laut, Polisi Pasang Banner Imbauan di Pantai Pamekasan

Satpolairud Berhasil Menyelamatkan Nelayan Korban Kapal Karam di Perairan Situbondo

Kamis, 14 Maret 2024 | 17:04 WIB
header img
Satpolairud Polres Situbondo berhasil menyelamatkan tiga orang nelayan yang mengalami kecelakaan laut. Foto: iNewsNganjuk.id/Dok Polda.

SITUBONDO, iNewsNganjuk.id,- Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Situbondo berhasil menyelamatkan tiga orang nelayan yang mengalami kecelakaan laut di perairan Situbondo, Jawa Timur.

Kejadian tersebut terjadi ketika kapal nelayan yang mereka tumpangi mengalami musibah di Perairan Dusun Kaliasin, Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, akibat terhantam ombak.

Pencarian para nelayan dimulai setelah pihak keluarga menerima laporan bahwa mereka berangkat melaut sekitar pukul 05.00 WIB menggunakan perahu kayu tanpa nama lambung. Perahu tersebut dikomandoi oleh Busali dan pada pukul 15.30 WIB, ketika hendak pulang di perairan Kalbut Situbondo, kapal mereka terbalik dan karam akibat terhantam ombak dari arah kanan.

Kasat Polairud AKP Gede Sukarmadiyasa, bersama tiga anggota Satpolairud dan masyarakat setempat segera melakukan pencarian. Setelah upaya pencarian, tiga nelayan tersebut berhasil diselamatkan, yakni Busali (55), nahkoda kapal, Asmojo (60), dan Sadun (50).

"Korban selamat dan telah kami antarkan ke keluarganya," ujar AKP Gede Sukarmadiyasa pada Rabu (13/3).

Sementara itu, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, mengimbau agar masyarakat pesisir pantai dan nelayan yang akan melaut lebih berhati-hati, terutama di kondisi cuaca ekstrem.

"Prioritaskan keselamatan, dan hindari memaksakan diri saat cuaca sedang buruk seperti saat ini," pesan AKBP Dwi Sumrahadi.

Ia juga menekankan pentingnya kelengkapan kapal dengan peralatan keselamatan, termasuk pelampung, saat akan melaut. "Pastikan kondisi cuaca memungkinkan dan selalu siapkan peralatan keselamatan saat melaut," tambah Kapolres Situbondo.

Editor : Agus suprianto

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut