get app
inews
Aa Read Next : Kontroversi Tanah, Eksekusi Pengadilan Nganjuk terhadap Azizah Mamik Pramono

Program Cermat SIM dan Pesiar: Solusi Inovatif Satpas Polres Nganjuk untuk Pemohon SIM

Rabu, 12 Juni 2024 | 21:02 WIB
header img
Program cermat SIM dan Pesiar. Foto: iNewsNganjuk.id/Dok Polres.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id, – Kapolres Nganjuk, AKBP Muhammad, mengajak pemohon SIM untuk memanfaatkan inovasi terbaru dari Satpas Polres Nganjuk, yaitu program Cermat SIM (Cerdas Mahir Ujian Teori Dan Praktik SIM) dan Pesiar (Pelayanan SIM Sore Untuk Pelajar). Program-program ini telah diluncurkan beberapa waktu lalu pada Rabu (12/06/2024).

Menurut AKBP Muhammad, kedua program unggulan tersebut merupakan langkah strategis dari Polres Nganjuk untuk meningkatkan angka kelulusan ujian SIM bagi masyarakat umum serta pelajar yang ingin mengurus SIM.

"Program Cermat SIM dirancang untuk mempermudah masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengemudi sebelum mengikuti ujian teori dan praktik SIM. Sementara itu, program Pesiar ditujukan untuk para pelajar yang sudah berusia 17 tahun atau memiliki KTP agar mereka dapat mengurus SIM tanpa mengganggu waktu belajar," jelas AKBP Muhammad.

Kapolres berharap dengan adanya program Cermat SIM, masyarakat dapat belajar dan berlatih lebih baik sebelum mengikuti ujian. Sedangkan dengan program Pesiar, para pelajar tidak perlu khawatir waktu belajar mereka terganggu karena mereka bisa mengurus SIM di sore hari.

Kasat Lantas Polres Nganjuk, AKP Achmat Rochan, menambahkan bahwa latihan praktik uji SIM bagi masyarakat dilaksanakan setiap hari Rabu pukul 14.00 hingga 16.00 WIB di lapangan uji praktik Satpas Polres Nganjuk dan langsung dipandu oleh petugas uji praktik. Program Pesiar sendiri dilaksanakan setiap hari Rabu pukul 13.00 hingga 16.30 WIB di Satpas Polres Nganjuk.

"Kami juga menyediakan barcode kumpulan soal uji teori baik di kantor Satpas maupun di media sosial sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengakses materi untuk belajar di mana saja. Antusiasme dari pelajar sangat tinggi, terbukti hampir setiap Rabu sore jumlah pemohon SIM mencapai 30-50 orang," ungkap AKP Achmat.

Dengan inovasi ini, diharapkan masyarakat Nganjuk, terutama para pelajar, dapat lebih mudah dan efektif dalam mengurus SIM, serta lebih siap dalam menghadapi ujian teori dan praktik yang diperlukan.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut