get app
inews
Aa Read Next : Rahasia Membuka Aura Wajah Menurut Islam, Kecantikan dari Dalam yang Memikat

Pelatihan Instagram di Bale Kreasi: Inisiatif Mas Fajr untuk UMKM Nganjuk Melek Digital

Minggu, 16 Juni 2024 | 10:52 WIB
header img
Pelatihan instagram di bale kreasi. Foto: iNewsNganjuk.id/Sherly.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id, – Lambannya pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Nganjuk lebih disebabkan oleh pelaku usaha yang kesulitan beradaptasi dengan pemasaran digital, bukan karena kurangnya potensi daerah. Menyadari hal ini, Aushaf Fajr, Founder Bale Kreasi dan Bakal Calon Bupati (Bacabup) Nganjuk, menginisiasi program Workshop Gulo Aren (Golek Ilmu Bareng Ahline Sing Keren) bertema “IG Hack!” yang dilaksanakan pada Sabtu (15/6/2024) di Warung Omah Jawa.

Aushaf Fajr, yang akrab disapa Mas Fajr, memahami bahwa banyak pelaku UMKM dan anak muda di Nganjuk masih membutuhkan panduan dalam pemasaran digital. Dia berharap pelatihan ini dapat membantu peserta mengembangkan bisnis mereka dan bekerja sama dengan industri lokal, sambil memanfaatkan kreativitas digital untuk meningkatkan ekonomi Nganjuk.

“Bibit-bibit digital marketer ini harus mulai dipupuk sekarang juga. Melalui Bale Kreasi, saya berharap dapat melahirkan marketer-marketer hebat yang akan menggugah Nganjuk dan memajukan industri, khususnya industri kreatif Nganjuk,” ujar Mas Fajr melalui pembawa acara.

Untuk mencapai tujuannya, Mas Fajr mengajak Ryan Rerandani, Founder Sociomood dan Co-owner Kopi Sinona Indonesia, untuk memberikan pelatihan kepada pelaku usaha. Ryan menekankan pentingnya menciptakan konten yang tepat, baik foto maupun video, serta menjelaskan bagaimana media sosial dapat mempercepat interaksi dan penyebaran bisnis.

“Namanya saja media sosial, ada kata sosial. Jadi sebagai pebisnis, akun kita juga perlu membangun interaksi atau bersosialisasi dengan akun customer atau bahkan akun bisnis lainnya,” jelas Ryan.

Pelatihan ini melibatkan peserta dalam penggunaan Instagram dengan merencanakan, memproduksi, dan mengunggah konten yang didampingi oleh narasumber dan fasilitator dari Bale Kreasi. Metode pelatihan dengan praktik langsung ini menjadi ciri khas program-program yang dikembangkan oleh Aushaf Fajr di Bale Kreasi.

Bale Kreasi secara rutin mengadakan pelatihan sebagai bagian dari komitmen Mas Fajr untuk melaksanakan delapan program prioritasnya, termasuk peningkatan kualitas tenaga kerja melalui pelatihan dan diskusi. Program “Gulo Aren” menghadirkan para ahli dari berbagai bidang, baik dari dalam maupun luar Nganjuk, untuk berbagi ilmu dengan UMKM dan pemuda-pemuda daerah.

Sebagai Bacabup Nganjuk pada Pilkada 2024, Mas Fajr menjadikan Bale Kreasi sebagai platform untuk mendukung para pelaku usaha dan sektor lainnya, seperti ekonomi kreatif dan pertanian. Dengan visi Nganjuk Sanjaya—Nganjuk Sang Pemenang, dia berupaya mewujudkan pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan dan diskusi yang berkelanjutan. Program ini diharapkan dapat memberikan dampak besar bagi ekonomi daerah dan menjadikan Nganjuk lebih maju dan kompetitif di era digital.

Dengan demikian, Bale Kreasi tidak hanya berfungsi sebagai tempat pelatihan, tetapi juga sebagai pusat inovasi dan kolaborasi yang mendukung transformasi digital di Nganjuk. Program-program seperti Workshop Gulo Aren menjadi langkah penting dalam memastikan bahwa pelaku UMKM di Nganjuk tidak tertinggal dalam perkembangan teknologi dan pemasaran digital, sehingga mampu bersaing di pasar yang lebih luas.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut