Sudah 100 Tahun, Kampung Unik di Jawa Barat Warganya Tidak Makan Nasi

Meita Nila Sari
Kampung unik yang ada di Jawa Barat Warganya sudah 100 tahun makan nasi. Foto : iNewsNganjuk.id/ Ilustrasi

CIMAHI, iNewsNganjuk.id - Di Indonesia memiliki kampung adat yang tersebar disetiap wilayahnya. Disetiap daerah memiliki keunikannya tersendiri. Nah ada salah satu kampung adat yang sangat unik yang berada di Jawa Barat.

Kampung unik ini yakni kampung adat  Cireundeu, yang terletak di Desa Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat. Di kampung ini warganya tidak makan nasi selama kurang lebih 100 tahun.

Kampung adat Cireundeu adalah kampung dengan luas sekitar 64 hektar terbagi menjadi dua bagian. 60 hektar untuk pertanian sedangkan 4 hektar untuk permukiman.

Nama kampung Cireundeu berasal dari pohon yakni pohon reundeu. Pohon ini banyak ditemui disekitar daerah ini dan diyakini memiliki khasiat yang dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Jumlah penduduk di kampung Cireundeu sekitar 800 jiwa dengan kepala keluarga 65 jiwa. Warga kampung ini memegang tradisi para leluhur terdahulu yang sudah mengakar kuat.

Warga kampung Cireundeu ini tidak makan nasi selama 100 tahun dan digantikan dengan singkong sebagai makanan pokoknya. Hal ini bukan karena warga tidak mampu membeli beras untuk dijadikan nasi, ini sebagai wujud melestarikan untuk melestarikan budaya dari leluhur.

Nasi yang digantikan dengan singkong ini juga sebagai budaya melestarikan adat budaya dari para leluhur terdahulu. Menurut  cerita warga Cireundeu ini tidak makan nasi sejak tahun 1900- an.

Mata pencaharian warga kampung ini yakni sebagai petani singkong. Singkong ini oleh warga Cirendeu bukan hanya digunakan sebagai makanan pokok saja. Namun juga diolah sebagai makanan ringan, seperti camilan kering dan lainnya.

Selain keunikan kampung yang warganya tidak makan nasi. Suasana di Kampung ini masih sangat asri, sejuk dan udaranya disini juga jauh dari polisi udara.

Editor : Meita Nila Sari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network