Kirab Pemilu Kabupaten Nganjuk, Sebagai Media Sosialisasi dan Sarana Integrasi Bangsa

Meita Nila Sari
Atraksi Barongsai saat memeriahkan kirab pemilu 2024 di Alun-alun Kabupaten Nganjuk. Foto : iNewsNganjuk.id/ Meita

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU ) Kabupaten Nganjuk melanjutkan kirab pemilu tahun 2024 setelah erah terima dari Malang, Jawa Timur. Acara dipusatkan di depan Alun- alun  Kabupaten Nganjuk, Jumat (20/10/2023).

Kirab pemilu diiringi dengan arak-arakan bendera partai politik seluruh peserta pemilu 2024. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan drumband, bentangan bendera merah yang dibawa 44 orang PPS. Dimeriahkan juga dengan penampilan karnival serta Reog, Jaranan dan atraksi barongsai yang membuat acara semakin meriah.

Ketua KPU Kabupaten Nganjuk Pujiono menyampaikan bahwa kirab pemilu ini merupakan tindak lanjut dari Kota Malang yang merupakan jalur enam. Kirab di Kabupaten Nganjuk ini 100 persen mendapat dukungan dari pemda Nganjuk.

" Untuk masyarakat dan seluruh pimpinan partai politik di Kabupaten Nganjuk mari kita laksanakan Pemilu tahun 2024 ini berjalan lncar dan damai. Setelah ini kita akan melaksanakan deklarasi pemilu sebagai sarana intregrasi Bangsa," ungkap Pujiono.

Pujiono menambahkan jika ada perbedaan dalam pemilu mari gunakan saluran hukum yang ada. Jika nanti berkaitan dengan teknis administratif sampaikan ke KPU, namun jika berkaitan dengan penegakan hukum sampaikan ke Bawaslu.

Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur menyampaikan banyak terimakasih dan Apresiasi kepada PJ  Bupati dan segenap pemerintahan kabupaten Nganjuk. Karena dari 30 Kota di Jawa Timur yang dilalui kirab pemilu merupakan satu-satunya yang disuprort 100 persen oleh pemerintah daerah.

" Tujuan dari serah terima pemilu ini ada tiga yakni pertama sebagai bentuk sosialisasi dan pendidikan pemilih guna tingkatkan partisipasi masyarakat. Tujuan kedua yakni kolaborasi multi pihak, dan yang terakhir sebagai sarana integrasi bangsa" ungkap nya.

Sri Handoko Taruna Pj Bupati Nganjuk menyampaikan kirab pemilu merupakan sarana sosialisasi, koordinasi dan konsolidasi untuk persiapan pemilu tahun 2024. Tujuannya untuk menyadarkan masyarakat secara langsung maupun tidak langsung demi suksesnya pemilu tahun 2024.

">Pemilu aman dan damai,"ungkap Handoko.

Editor : Meita Nila Sari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network