Simak dan Ketahui Kapan Malam Nisfu Syaban 2024 serta Keistimewaannya

Sintya Gadis Sherly/net_Nganjuk
Malam nisfu syaban dan keistimewaanya. Foto: iNewsNganjuk.id/ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Syaban adalah bulan ke delapan dalam penanggalan Islam yang jatuh di antara bulan Rajab dan Ramadan. Bulan ini sering kali dianggap sebagai bulan pembalasan, di mana Allah SWT menurunkan rahmat-Nya serta mengabulkan doa hamba-Nya. Salah satu keutamaan yang luar biasa dari bulan Syaban adalah dipercayai sebagai waktu di mana Allah menetapkan rezeki, ajal, dan takdir manusia untuk tahun berikutnya.

Malam Nisfu Syaban, atau malam pertengahan bulan Syaban, memiliki keistimewaan tersendiri bagi umat Islam. Banyak orang menantikan dan bertanya-tanya kapan malam Nisfu Syaban 2024 jatuh, agar mereka dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Berdasarkan Kalender Hijriah Indonesia yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI, Nisfu Syaban pada tahun 2024 jatuh pada tanggal 15 Syaban 1445 Hijriah, yang dalam penanggalan Masehi bertepatan dengan tanggal 25 Februari 2024. Dengan demikian, malam Nisfu Syaban itu sendiri jatuh pada tanggal 24 Februari 2024.

Pada malam Nisfu Syaban, terdapat banyak amalan yang dianjurkan dalam Islam. Beberapa di antaranya termasuk memperbanyak salat sunah, dzikir, memohon ampun, serta membaca surat Yasin sebanyak tiga kali. Selain itu, umat Islam juga disunahkan untuk memperbanyak doa pada malam Nisfu Syaban.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa doa yang dilakukan di malam Nisfu Syaban adalah doa yang tidak akan ditolak oleh Allah SWT. Hal ini menjadikan malam tersebut sebagai waktu yang sangat istimewa bagi umat Islam untuk memohon ampunan, berdoa, dan memperbanyak ibadah.

عن أبي أمامة الباهلي قال, قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: خمس ليال لا ترد فيهن الدعوة، أول ليلة من رجب، وليلة النصف من شعبان، وليلة الجمعة، وليلة الفطر، وليلة النحر.

Artinya: Lima malam yang tidak akan ditolak doa di dalamnya: malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Sya'ban, malam Jumat, malam Idul Fitri, dan Malam Idul Adha."

Sebagai umat Muslim, penting bagi kita untuk memanfaatkan momen berharga seperti malam Nisfu Syaban dengan sebaik-baiknya. Semoga kita semua dapat meraih berkah dan ampunan dari Allah SWT serta mendapatkan kebaikan dalam menjalani hidup kita. Amin.

Editor : Agus suprianto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network