get app
inews
Aa Read Next : Berhasil Ungkap Kasus Pencurian Sepeda Motor, Kapolres Nganjuk Beri Apresiasi Anggotanya

Keren! Pengrajin Wayang Kayu asal Nganjuk Ini Bikin Inovasi Unik, Karyanya Dijual hingga Rp3 Juta

Jum'at, 17 Februari 2023 | 14:25 WIB
header img
Pengrajin wayang raksasa unik asal Nganjuk.foto : iNewsNganjuk.id/Sherly.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id – Warga asal Desa Perning, Kecamatan Jatikalen, Kabupaten Nganjuk, membuat sebuah karya unik dan berbeda dari yang lain.

 

Wiwik Wijayanto 42 tahun, pria ini dikenal sebagai pengrajin wayang kayu yang membuat karya begitu unik yaitu berupa wayang raksasa dengan mengambil tokoh pewayangan semar. Karyanya berbeda dari wayang kayu lainnya, yang dibuat oleh Wiwik Wijayanto wayang berukuran tinggi 1,5 m  dan lebar 80 cm.

 

Sedangkan wayang pada umumnya hanya berukuran tinggi 70 cm dan lebar 25 cm. Namun, cara membuatnya tidak berbeda dengan wayang kayu lainnya. Berbahan dasar dari kayu mentaos yang digabungkan, kemudian digambari tokoh pewayangan yang diinginkan, selanjutnya kayu digergaji sesuai bentuk dan dihaluskan dengan ketam, untuk ornamennya pengrajin menggunakan tatah kecil yang membutuhkan ketelitian dalam membentuk detail-detail bentuk wayang.

 

Setelah berbentuk barulah wayang raksasa ini dicat sesuai tokoh pewayangan yang dibuat yaitu tokoh semar dan dinamakan wayang “Super Semar”. Proses membuat wayang raksasa ini pun memerlukan waktu cukup lama sekitar satu bulan penuh, dibandingkan dengan membuat wayang kayu berukuran kecil yang hanya membutuhkan waktu dua minggu saja.

 

Harga wayang raksasa ini juga cukup fantastis, jika wayang kecil biasa dijual dengan harga Rp250.000, untuk wayang raksasa ini dijual dengan harga Rp3 juta. Wiwik mengaku ia menekuni kerajinan wayang ini sudah sekitar 20 tahun lebih, semenjak duduk di bangku SMA, ilmu yang diperolehnya juga secara otodidak. Kendala yang dihadapi saat ini adalah langkanya kayu mentaos sebagai bahan dasar.

(iNewsNganjuk.id/Sherly)

 

Editor : Agus suprianto

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut