get app
inews
Aa Read Next : 5 Keutamaan Malam Nisfu Syaban yang Unik dan Berbeda dengan Malam Lainnya

Nisfu Sya'ban Hari Istimewa, Berikut Amalan yang Dianjurkan

Senin, 27 Februari 2023 | 11:14 WIB
header img
Malam Nisfu Sya'ban merupakan malam istimewa dan malam penuh rahmat serta ampunan. Foto: iNewsNganjuk.id/ ilustrasi

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Nisfu Sya'ban yang merupakan hari istimewa begitu ditunggu- ditunggu kedatanganya oleh umat Islam. Malam tersebut dipercaya penuh rahmat dan kebaikan. Malam Nifsu Sya'ban merupakan malam pengampunan.

Berdasarkan kalender Hijriah yang dikeluarkan Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI dan Ikhbar Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, 1 Sya'ban 1444 Hijriyah jatuh pada Rabu ( 22/02/2023).

Berdasarkan penetapan tanggal awal Sya'ban 1444 Hijriyah, maka Nisfu Sya'ban atau 15 Sya'ban jatuh pada hari Rabu (08/03/2023). Malam Nisfu Sya'ban masuk pada Selasa (07/03/2023) malam.

Nisfu Sya'ban merupakan hari yang istimewa berikut beberapa amalan yang dianjurkan:

1. Sholat Magrib Berjamaah

Amalan pertama dalam Nisfu Sya'ban yakni melakukan sholat Magrib berjamaah. Pada 14 Sya'ban atau malam 15 Sya'ban lakukan sholat magrib berjamaah setelah itu membaca dzikir, wirid dan doa setalah sholat magrib berjamaah.

2. Puasa Sunnah

Sebelum datang nya bulan Ramadan yang mewajibkan umat Islam berpuasa, Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat Islam untuk berpuasa sunnah terlebih dahulu.

Selain puasa Senin Kamis dan puasa sunah lainnya, umat Islam juga melaksanakan puasa dipertengahan bulan Sya'ban.

Beberapa orang memanfaatkan momentum ini untuk mengganti hutang puasa yang ditinggalkan pada tahun lalu.

Ada hadist yang meriwayatkan betapa dianjurkan amalan ini yakni oleh Bukhari.

Hadist tersebut bercerita bahwa Aisyah, istri Rasulullah melihat Beliau sangat banyak berpuasa di bulan Sya'ban. Ada perlakuan khusus dibanding dengan bulan lainnya.

3. Membaca surat Yasin

Amalan lainnya yakni membaca surat Yasin. Biasanya surat Yasin dibaca tiga kali dan diiringi berbagai permintaan.

Misalnya surat Yasin yang pertama dikhususkan agar panjang umur. Yang kedua meminta keberkahan hingga dimatikan dalam keadaan Khusnul Khotimah.

Selain itu, membaca Surat Yasin juga diniatkan agar terhindar dari segala wabah, penyakit, musibah dan diberikan Rizki yang berkah.

4. Memperbanyak Istighfar

Sesungguhnya tidak ada manusia yang suci dari dosa di dunia ini. Meskipun demikian Allah SWT selalu memberikan kesempatan bagi makhluk nya untuk bertaubat.

Memperbanyak membaca Istighfar adalah alternatif amalan malam Nisfu Sya'ban. Mengamalkan kalimat Zikir dan beristighfar bisa menghapus dosa-dosa yang telah berlalu.

Hal ini sesuai dengan penjelasan di dalam Al Qur'an, yang man kesedihan dan kesulitan hidup akan diangkat oleh Allah SWT pada malam Nifsyu Sya'ban.

5. Memperbanyak Doa

Allah SWT sudah berfirman banyak nya berdoa maka akan dikabulkan. Doa memang bisa dipanjatkan kapan saja namun ada beberapa waktu yang lebih cepat di ijabah dibandingkan dengan yang lainnya.

Salah satunya yakni malam Nisfu Sya'ban, umat Islam dianjurkan untuk banyak berdoa meminta apapun yang diminta tanpa terkecuali.

Anjuran berdoa ini bukan tanpa dasar, ada sebuah hadist yang mengatakan bahwa pada malam Nisfu Sya'ban Rahmat Allah Akan turun ke bumi.

6. Membaca Surat Waqiah

Surat Waqiah adalah salah satu surat yang memiliki banyak keutamaan. Didalam malam Nisfu Sya'ban ini dianjurkan umat Islam membaca surat ini.

Membaca surat Waqiah akan memberikan banyak pahala. Selain itu keutamaan lain dari surat Waqiah ini mampu mempermudah sakaratul maut ketika waktunya telah tiba.

Keutamaan Nisfu Sya'ban tersebut  hendaklah jangan dilewatkan begitu saja agar tidak menjadi manusia yang merugi.

Dan moment istimewa ini hanya datang sekali dalam setahun, sehingga harus digunakan untuk beribadah dan bertaqwa sebaik mungkin.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut