get app
inews
Aa Read Next : Kontroversi Tanah, Eksekusi Pengadilan Nganjuk terhadap Azizah Mamik Pramono

7 Negara yang Memiliki Masjid Terbanyak di Dunia, Nomor 2 Sangat Mengejutkan

Senin, 06 Maret 2023 | 10:24 WIB
header img
Masjid Istiqlal,salah satu Masjid termegah di Indonesia. Foto : iNewsNganjuk.id/Ilustrasi

NGANJUK, iNewsNganjuk.id, – Semua orang yang memeluk Agama pasti mengenal semua nama tempat peribadatan mereka masing masing. Salah satunya bagi mereka yang memeluk Agama Islam pasti mengenal Masjid, Mushola, Surau dan Langgar yang menjadi tempat beribadah umat Muslim.

Keberadaan Masjid sangat penting dan harus ada agar umat Muslim bisa melaksanakan ibadah Shalat lima waktu dalam sehari. Semakin banyak jumlah penduduk umat Islam suatu Negara pasti jumlah Masjid juga semakin banyak.

Oleh Karena itu, berikut 10 daftar Negara yang mempunyai Masjid terbanyak di dunia seperti yang dirangkum iNewsNganjuk.id dari berbagai sumber.

1.    Indonesia
Indonesia adalah Negara yang paling memiliki paling banyak Masjid di dunia, lebih kurang ada 800.000 Masjid yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia, terdapat 231 juta penduduk umat Muslim yang ada di Negara ini. 5 wilayah dengan Masjid terbanyak ilah Lampung, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Masjid Istiqlal yang berada di ibukota Jakarta adalah Masjid yang terbesar di Indonesia.


2.    India
Yang mengejutkan, meski India identik dengan Agama Hindu, namun di Negara ini memiliki 300.000 bangunan Masjid. Islam adalah Agama ke-2 terbesar di India setelah Agama Hindu, terdapat 200 juta penganut Agama Islam dan berkembang pesat di Negara ini.


3.    Bangladesh
Bangladesh memiliki 250.000 Masjid yang mayoritas penduduk memeluk Agama Islam lebih kurang berjumlah 153.7 juta.


4.    Pakistan
Pakistan adalah sebuah Negara yang terletak di Asia selatan dan memiliki sekitar 120.000 Masjid, Negara ini mempunyai seni bangunan Masjid yang mempesona, salah satunya adalah Masjid Faisal yang terletak di Islamabad. Negara yang bersebelahan dengan India ini 212 juta penduduknya adalah Muslim.


5.    Mesir
Negara yang di benua Afrika ini memiliki sekitar 108.000 Masjid. Dari 102 juta penduduknya, 85 juta memeluk Agama Islam. Mesir memiliki Universitas Islam yang bagus di Dunia yaitu Universitas Al-azhar, maka tidak heran pelajar dari berbagai Negara banyak yang menimba ilmu di Universitas ini.


6.    Arab Saudi
Arab Saudi merupakan Negara penjaga 2 kota suci umat Islam yaitu kota Mekah dan Madinah yang menjadi kunjungan berjuta – juta umat islam di seluruh Dunia setiap tahunnya. Maka tidak heran jika Arab Saudi memiliki Masjid banyak yaitu sekitar 98.000 Masjid. Banyak Masjid yang terkenal di Arab Saudi seperti Masjid Kubah, Masjid Nabawi dan Masjidil Haram karena sejarah umat Islam di mulai dari Negara ini.


7.    Turki
Negara yang dikenal dengan sekulernya ini makin terlihat Islami, yang dimana di Negara ini terdapat 82.000 Masjid yang di dirikan. Turki memiliki 72 juta penduduk yang beragama Islam, terdapat 2 Masjid yang terkenal di Turki yaitu Hagiya Sofia dan Masjid Biru.
 

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut