get app
inews
Aa Read Next : Inovasi Terbaru: Kripik Bonggol Pisang dari Limbah Pisang

Bulan Puasa, Santri Tebu Ireng Ikuti Pengajian Kilatan Ramadhan

Sabtu, 25 Maret 2023 | 09:35 WIB
header img
Santri Ponpes Tebuireng dalam pengajian Ramadhan. Foto : iNewsNganjuk.id/Agus

JOMBANG, iNewsNganjuk.id, - Ratusan santri Tebuireng Jombang mengikuti pengajian Kilatan Ramadhan yaitu mengaji kitab karya Mbah Hasyim Asyari, salah satunya adalah kitab Irsyadul Mu’minin, Kitab tersebut berisi tentang kisah perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW yang Juga tentang tauladan-tauladan tentang Nabi Muhammad.

Dengan khusuk para santri  menyimak penjelasan kitab yang di bacakan Gus Fahmi salah satu pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng.

Gus Fahmi mengatakan bahwa kegiatan bulan Ramadhan di pesantren Tebuireng masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, di antaranya pengajian Kilatan Ramadhan yakni kajian puluhan kitab kuning selain kitab Irsyadul Mukminin. Tebuireng juga mengkaji kitab Hadzihi Risalah Jamiah Maqasid, yang juga karya Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari.

“Setiap Ramadhan selau memberikan kajian tentang kitab karya Mbah Hasyim Asyari, salah satunya adalah kita Irsyadul Mu’minin, selain itu juga kitab-kitab klasik lainnya,”kata Gus Fahmi.

Selama Ramadhan terdapat pengajian kilatan hingga 17 Ramadhan, pengajian dilakukan selama lima waktu, yakni setelah Subuh, setelah Dzuhur, setelah Asar, setelah Magrib, serta setelah shalat Tarawih. Tujuannya  agar santri mendapatkan berkah di bulan Ramadhan.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut