get app
inews
Aa Read Next : Penangkapan Kurir Narkoba di Nganjuk: Ribuan Pil Koplo dan Sabu Disita Polisi

6 Tips dan Trik Hemat ala Anak Kost Selama Bulan Ramadhan

Kamis, 30 Maret 2023 | 19:28 WIB
header img
Nasi goreng merupakan menu hemat ala anak kost, foto : iNewsNganjuk.id/ ilustrasi

NGANJUK, iNewsNganjuk.id, - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh semua umat Islam. Bulan dimana di Masjid yang biasanya sepi mendadak ramai, dipadati oleh orang yang berburu takjil gratis.

Bagaimana dengan nasib anak kost yang hidup dalam perantauan ? Berjuang diperantaun membuat anak kost harus mengerjakan apa-apa sendiri.

Sebagai anak kost harus memikirkan sendiri bagaimana caranya berhemat pada saat Bulan Ramadhan. Mengelola keuangan untuk anak kost di bulan Ramadhan bukan hal yang mudah.

Nah bagaimana cara kita menghemat pengeluaran saat Ramadhan seperti ini. Berikut tips yang bisa anak kost coba.

1. Memasak sendiri

Apabila di tempat kost anda terdapat kompor dan peralatan lainnya demi menghemat pengeluaran selama bulan Ramadhan.

Memasak sendiri akan lebih irit pengeluaran dari pada harus membeli makanan diluar selama bulan Ramadhan.

Tidak harus dengan masakan yang berlebihan, kita bisa memasak menu yang sederhana dan dapat mengenyangkan perut. Contoh nya bisa masak telur, nasi goreng ataupun mie goreng.

2. Berburu takjil gratis

Pada saat bulan Ramadhan seperti ini pada umumnya takjil gratis selalu dibagikan di masjid atau di pinggir jalan. Dan sebagai anak kost wajib tau jadwal takjil gratis.

Tidak ada salahnya menerima takjil gratis tersebut, anggap saja rejeki gratis yang didapatkan saat puasa.

3. Jangan ikut Buka bersama

Dengan kita tidak mengikuti kegiatan buka bersama bisa menghemat pengeluaran. Godaan dan rayuan mengatasnamakan reuni pasti akan ada setiap tahunnya.

Apabila kita ingin menghemat kita bisa menolaknya. Karena dengan buka bersama kita akan mengeluarkan uang yang tinggal sedikit.

4. Kurangi ngabuburit

Bulan Ramadhan memang tidak afdol rasanya kalau tidak ngabuburit karena ngabuburit serasa menyenangkan apalagi menjelang berbuka.

Namun hal tersebut tanpa kita sadari saat melihat orang jualan takjil di pinggir jalan akan kalap dan kita akan membeli berbagi makanan.

Nah agar kita tidak kalap sebaiknya kita kurangi untuk kegiatan ngabuburit. Namun apabila sesekali juga tidak apa-apa. Ada baiknya isi dengan hal yang bermanfaat lainya seperti olahraga ringan jelang bulan puasa atau membaca Alquran.

5. Berbuka puasa di Masjid

Kita bisa sholat berjamaah di masjid sambil menunggu buka, selain bisa mendapatkan pahala juga dapat menikmati takjil gratis yang disediakan oleh pengurus masjid.

Dengan kita berbuka puasa di masjid kita bisa menghemat pengeluaran. Selain itu berbuka puasa di masjid dapat dilakukan sepanjang bulan Ramadhan.

6. Jangan berlebihan

Merupakan hal yang sah apabila menyambut kegembiraan pada bulan Ramadhan. Namun bukan suatu alasan menghabiskan uang untuk membeli berbagai macam makanan dengan berlebihan. Karena yang berlebihan itu tidak disukai Allah SWT.

Alangkah baiknya apabila kita menikmati puasa dengan cara beribadah yang khusuk di masjid terdekat.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut