get app
inews
Aa Read Next : Kontroversi Tanah, Eksekusi Pengadilan Nganjuk terhadap Azizah Mamik Pramono

Muslim Wajib Tau, 6 Waktu Mustajab Berdoa di Bulan Ramadhan

Selasa, 04 April 2023 | 10:27 WIB
header img
Seorang wanita sedang berdoa di waktu mustajab bulan Ramadhan. Foto: iNewsNganjuk.id/ilustrasi

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Bulan Ramadhan merupakan bulan yang mulia, penuh berkah dan ampunan. Bulan dimana dilipatgandakan pahala dan diampuni dosa bagi yang  menjalankan puasa.

Bulan Ramadhan menjadikan waktu yang mustajab bagi umat Islam untuk berdoa. Bahkan ada waktu khusus doa mustajab di bulan Ramadhan yang dapat anda pergunakan semaksimal mungkin untuk perbanyak berdoa.

Dalam hadist Jabir bin 'abdillah Radhiyallahu anhu, Rasulullah SAW bersabda:

" Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa, akan dikabulkan.” (HR. Al Bazaar).

Sebagai umat Islam anda pasti sudah tau waktu mustajab berdoa seperti sepetiga malam, waktu sujud, diantara Adzan dan ikomah, sehabis sholat. Di bulan Ramadhan ada waktu mustajab untuk berdoa yang mungkin sulit ditemukan di bulan bulan lainnya.

Nah berikut waktu yang mustajab untuk berdoa di bulan Ramadhan.

1. Waktu Sahur

Waktu mustajab untuk berdoa yang pertama yakni waktu sahur. Sahur merupakan kegiatan makan dan minum untuk mengisi tenaga di siang hari saat kita menjalankan puasa. Karena didalam sahur mendapatkan keberkahan.

Selain kita mendapatkan keberkahan, waktu sahur jangan kita lewatkan untuk berdoa. Karena waktu sahur merupakan waktu mustajab jika berdoa mudah dikabulkan.

2. Saat kita berpuasa

Doa mustajab selanjutnya yakni pada saat kita berpuasa. Seseorang yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan sungguh-sungguh tak hanya mendapatkan lapar dan haus saja. Namun juga mendapatkan pahala dan tidak ditolak saat ia berdoa.

Dalam hadist Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

Tiga orang yang do’anya tidak akan ditolak yakni :

"orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizalimi.” (HR. Ahmad).

3. Pada saat berbuka puasa

Seseorang yang melaksanakan puasa di bulan Ramadhan merupakan orang yang sangat beruntung, karena mendapatkan tiga waktu mustajab untuk berdoa.

Selain waktu sahur dan berpuasa, saat-saat berbuka puasa merupakan waktu mustajab untuk berdoa. Oleh karena itu, jangan sampai kita melewatkan berdoa saat berbuka puasa.

Dalam Tuhfah Al- Ahwdzi menyebutkan bahwa doa ketika kita berpuasa doa mudah dikabulkan karena seseorang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dengan tunduk dan merendah.

Karena waktu berbuka puasa merupakan waktu mustajab berdoa, maka jangan lewatkan untuk berdoa di waktu kita melaksanakan buka puasa.

4. Sepertiga malam terakhir

Sepertiga malam terakhir di bulan Ramadhan merupakan waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa. Yakni dimulai pada pukul 00.00 WIB sampai pukul 03.00 WIB.

Seperti malam terakhir merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa, selain berdoa kita juga melaksanakan sholat tahajud.

5. Pada hari Jumat

Hari Jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam, terlebih saat bulan Ramadhan seperti ini. Hari Jumat merupakan hari yang mustajab untuk berdoa.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW menyebutkan tentang hari Jumat.

Kemudian beliau bersabda:

Didalamnya terdapat waktu, jika umat Islam berdoa di waktu itu, pasti diberikan apa yang diminta." Lali beliau mengisyaratkan dengan tangannya bahwa sebenarnya waktu tersebut.( HR Bukhari)

6. Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar merupakan malam 1000 bulan, malam terbaik untuk memanjatkan doa. Ada satu malam yang istimewa di bulan Ramadhan, yakni malam yang lebih baik dari 1000 bulan yang dikenal dengan malam Lailatul Qadar.

Malam tersebut terdapat di malam ganjil sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Oleh sebab itu kita dianjurkan memperbanyak dan beri'tikaf di masjid untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar.  Karena malam tersebut merupakan malam terbaik dikabulkan nya semua doa kita.

Itulah 6 waktu mustajab untuk berdoa dibulan Ramadhan. Yuk kita manfaatkan sebaik-baiknya bulan Ramadhan untuk berdoa dan melakukan kebaikan. Agar segala yang kita harapkan dapat dikabulkan oleh Allah SWT.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut