get app
inews
Aa Read Next : Menghidupkan Kemeriahan Lebaran, 8 Tips untuk Hari Raya Idul Fitri Lebih Berkesan

Waspada 4 Penyakit yang Sering Diderita Anak saat Lebaran

Kamis, 20 April 2023 | 12:59 WIB
header img
Seorang anak saat menderita flu, salah satu penyakit yang sering menyarang anak saat lebaran. foto : iNewsNganjuk.id/ Ilustrasi

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Lebaran merupakan momen yang selalu ditunggu dan dinanti oleh semua umat muslim. Karena saat lebaran tiba umat muslim berkumpul bersama-sama dengan keluarga.

Bagi orang yang berada diluar kota pasti melakukan mudik ke kampung halaman untuk berkumpul dengan keluarga.

Dalam perjalanan mudik umumnya dapat sebabkan kelelahan dan bisa sebabkan sakit pada anak.

Bahkan aktivitas dan beragam makanan yang dikonsumsi anak pada saat lebaran bisa sebabkan penyakit pada anak.

Berikut penyakit yang dapat menyerang anak pada saat lebaran

1. Diare

Makanan bersantan superti rendang, opor, dan gulai serta minuman yang bersoda, yang sudah biasa tersaji saat lebaran bisa menjadi pemicu diare pada anak.

Pastikan anak anda mencuci tangan dulu sebelum menganbil makanan yang tersaji. Berikan buah dan sayur yang dapat memperkecil terjadinya diare.

2. Flu

Bertemu banyak orang pada saat lebaran pasti akan meningkatkan kemungkinan anak terserang flu. Udara yang lembab dan kebersihan individu yang tidak terjamin semakin dapat mempermud penularan.

Gunakan masker saat bepergian bisa mencegah anak anda terhindar dari flu. Meminum vitamin C juga sangat dianjurkan untuk anak.

3. Batuk

Batuk merupakan penyakit yang mudah sekali menyerang pada anak-anak. Diperparah lagi apabila imun anak saat itu sedang turun selama lebaran.

Ajarilah anak anda menutup hidungnya saat ada orang batuk yang ada disekitar anak. Dan apabila anak batik ajari juga agar menutup mulut nya agar tidak menular kepada orang lain.

4. Sembelit

Pada saat lebaran anak akan sering memakan dan minum minuman yang manis. Akan lebih jarang meminum air putih. Hal seperti inilah yang dapat memicu sembelit pada anak.

Oleh sebab itu anda sebagai orang tua pastikan kebutuhan air pada anak tercukupi salama lebaran. Dan upayakan untuk anak selalu konsumsi buah dan sayuran.
 

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut