get app
inews
Aa Read Next : Makam Gus Dur di Tebuireng Ramai Pengunjung, Antusiasme Peziarah Luar Biasa saat Libur Panjang

Menhan Prabowo Subianto Kunjungi Ponpes Tebuireng, Nyekar Makam Gus Dur dan Silahturahmi

Senin, 22 Mei 2023 | 17:40 WIB
header img
Prabowo Subianto saat melakukan ziarah dan doa bersama di makam Gus Dur. Foto : iNewsNganjuk.id/ Meita

JOMBANG, iNewsNganjuk.id - Menteri Pertahanan ( Menhan) Prabowo Subianto berkunjung dan silahturahmi ke Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Minggu (21/05/2023).

Kunjungan kali merupakan serangkaian silahturahmi Menhan ke berbagai tokoh masyarakat di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Dalam kunjungannya Menhan didampingi oleh ketua Umum Partai Gerindra Jawa Timur, Anwar Sadat  berserta jajarannya.

Octadella Bilytha ketua partai Gerindra Jombang serta pengurus partai Gerindra Ketua AKD Jombang Warsubi datang terlebih dahulu sebelum rombangan Menhan Prabowo tiba ke Pondok Pesantren Tebuireng.

Kedatangan Prabowo Subianto di ponpes Tebuireng disambut langsung oleh pengasuh ponpes Tebuireng, Jombang Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin. Setelah itu Gus Kikin mangalungkan sorban kepada Menhan Prabowo Subianto.

Kemudian rombangan menuju ke makam keluarga Ponpes Tebuireng. Saat melakukan prosesi ziarah diiringi dengan lantunan doa dan tahlil. Kemudian para rombongan melakukan tabur bunga ke makam KH, Hasyim Asy'ari, Gus Dur, Sholahuddin Wahid dan sejumlah makam dzuriah Ponpes Tebuireng.

Setelah melakukan ziarah makam Prabowo Subianto diajak masuk ke ndalem kasepuhan Ponpes Tebuireng. Namun pertemuan tersebut tertutup untuk awak media. Setelah pertemuan tertutup tersebut Prabowo Subianto melanjutkan perjalanan berkunjung ke Ponpes Denanyar dan Tambakberas.

Saat dikonfirmasi Prabowo Subianto mengungkapkan melakukan kunjungan ini karena ingin berziarah ke makam. Dia mengungkapkan kalau disini merupakan keluarga besar.

" Tadi didalam saya tidak membicarakan masalah politik, karena disini tujuannya kekeluargaan, tidak meminta apa-apa, saya kesini sebagai keluarga, hubungannya sudah lama dari kakek-kakek," ungkap Prabowo.

KH. Abdul Hakim Mahfudz mengungkapkan bahwa Prabowo Subianto sudah lama mengenal keluarga Ponpes Tebuireng sudah lama. Secara umum kunjungan kesini untuk silahturahmi untuk membangun persatuan Bangsa.

" Prabowo Subianto mengunjungi ponpes Tebuireng ini hanya dalam rangka silaturahmi dan tidak ada acara khusus apapun," ungkap Abdul Hakim.

Disinggung tentang potensi Prabowo sebagai calon presiden. Gus Kikin tidak menepis bahwa sosok Prabowo Subianto cukup layak untuk menjadi Presiden.

" Semua pasti tahu diri beberapa kandidat tersebut memang layak. Sebagai masyarakat kita semua harus betul-betul paham dengan apa yang dibutuhkan oleh Bangsa kedepannya," tutup Abdul Hakim.

Saat Prabowo Subianto berjalan menuju ke mobil ratusan santri antri berjabat tangan Menhan sebelum masuk ke dalam mobil untuk melanjutkan kegiatan selanjutnya yakni ke Ponpes Mambaul Ma'arif dan ponpes Bahrul Ulum.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut