get app
inews
Aa Read Next : Bhakti Kesehatan Polres Kediri: Aksi Donor Darah untuk Bantu Persediaan PMI

Di Balik Keindahan Goa Jegles di Kediri, Ternyata Menyimpan Kisah Mistis yang Menyeramkan

Kamis, 25 Mei 2023 | 14:12 WIB
header img
Goa Jegles wisata alam dengan keindahannya namun menyimpan kisah mistis yang menyeramkan. Foto : iNewsNganjuk.id/ Meita

Kediri, iNewsNganjuk.id - Kota Kediri terkenal dengan julukan kota tahu dan memiliki banyak tempat wisata alam yang indah dan eksotis. Namun ada wisata alam yang memiliki kisah mistis dan diselimuti oleh hawa yang mencekam.

Wisata tersebut yakni Goa Jegles yang terletak di Desa Keling, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Wisata ini memiliki keindahan alam yang unik. Memiliki jembatan yang berkelok dengan dinding dari bebatuan, hal inilah yang membuat wisata ini berbeda dengan yang lainnya.

Ditempat ini juga terdapat air terjun yang membuat hawa sejuk dan hawa misterius di goa jegles. Terdapat juga banyak spot foto yang Instagramable. Namun dibalik keindahan alam dan spot foto terdapat kisah mistis dan menyeramkam terkait dengan goa ini.

Goa jegles oleh masyarakat sekitar dipercaya sebagai peninggalan peradaban kerajaan Kalingga modern. Sedangkan oleh ahli sejarah disebut dengan lorongan air bawah tanah yang dibuat pada masa lampau.

Goa jegles terkenal angker, menyeramkan, dan menjadi sarang ular. Sebelum dikelola goa ini merupakan kawasan yang tidak terawat dan tidak terpakai sama sekali. Masyarakat sekitar menganggap penuh dengan mistis dan angker.

Goa ini merupakan tempat yang bersejarah. Pada zaman dahulu banyak tentara PKI yang menjadikan goa sebagai tempat persembunyian. Goa jenggles juga pernah menjadi tempat pembantaian orang PKI.

Cerita tersebut telah berkembang di masyarakat tanpa bukti dan penelitian lebih lanjut sehingga menjadi isu yang menambah kesan angker dan mistis goa ini.

Selain itu terdapat mitos yang berkembang di masyarakat tentang sosok penunggu goa.  Konon di dalam goa ini hidup sosok ular besar yang diyakini sebagai penunggu goa. 

Semenjak goa dikelola dengan baik goa ini memiliki tampilan yang indah serta Instagramable. Jika dilihat secara langsung struktur dalam goa dan sepanjang aliran sungai keling mendukung sebagai sarana untuk mempelajari kondisi alam dan lapisan tanah.

Sungai keling yang ada di dalam goa ini merupakan salah satu anak sungai serinjing yang bersejarah di Kabupaten Kediri. Menariknya lorong goa ini melintasi aliran air yang didalamnya terdapat banyak ikan.

Para pengunjung tidak perlu basah-basahan karena sudah terpasang jembatan melintang tepat diatas air. Dengan adanya jembatan melintang ini menambahkan indah dan eksotis goa.

Itulah beberapa kisah angger di Goa Jegles di Kediri. Namun di balik kisah angger ini tidak menyurutkan minat masyarakat untuk berkunjung ke tempat wisata yang eksotis ini.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut